Pemerintah Daerah

Angkat Potensi Maritim di Tepian Sungai Musi

Sumsel Independen – Mengangkat potensi maritim di tepian sungai Ogan, Wali Kota Palembang H. Harnojoyo bersama Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari SE, meresmikan kampung bahari nusantara Lanal Palembang di tepian sungai Ogan kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring Palembang Selasa (15/6).

Menurut Kolonel Laut (P) Filda Malari,
Kampung bahari nusantara ini dibentuk untuk mengangkat potensi maritim di tepian sungai Ogan. Di kampung bahari nusantara ini terdapat lima cluster pendidikan dengan berdiri rumah pintar, cluster ekonomi budidaya ikan lele, pariwisata pelestarian perahu bidar, cluster pertahanan pemberdayaan pemuda setempat dan cluster kesehatan pendirian posyandu.

“Kampung bahari nusantara salah program Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono untuk memberdayakan potensi maritim di perairan. Untuk di Palembang sengaja dipilih kampung 15 Ulu karena pantas dibantu karena masyarakat heterogen rata rata mata pencarian nya tidak tetap,”jelasnya seusai meninjau lokasi Kampung Bahari
Nusantara Lanal Palembang

Baca Juga :   Bazar Murah Diharapkan Mampu Bantu Masyarakat

“Ini juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat disekitar ini kami buatkan tambak budidaya ikan lele, cara menanam sayur hidroponik, untuk pendidikan kami mendirikan rumah pintar, untuk pariwisata kami melestarikan perahu bidar, untuk pertahanan kami berdayakan pemuda setempat sedangkan untuk kesehatan kami mendirikan posyandu dan posko kesehatan bagi warga sekitar,”jelasnya lebih lanjut.

Di kampung bahari nusantara, ini prioritas yang akan dikembangkan adalah cluster pendidikan rumah pintar untuk pelajar disekitar kampung bahari.

“Konsep rumah pintar yang kami bangun berbeda dari rumah pintar yang sudah ada. Konsep rumah pintar yang akan bangun yakni merubah mainseat cara belajar menghafal kata khusus nya bahasa inggris terbukti baru beberapa minggu anak anak disini sudah hafal 300 kata,”bebernya.

Dikesempatan yang sama, Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengapresiasi kehadiran kampung bahari nusantara yang dibentuk Lanal Palembang khususnya cluster pendidikan. Selain cluster pendidikan ada beberapa cluster lainnya yang seluruhnya berjumlah lima cluster di Kampung bahari di kelurahan 15 Ulu ini.

Baca Juga :   Herman Deru Harapkan BSB Pacu Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

“Tidak mudah untuk membentuk kampung bahari ini tentunya harus mendapat dukungan dari semua pihak. Warga 15 Ulu menyambut baik kehadiran dan bisa memanfaatkan Kampung Bahari Nusantara dengan baik. Semoga saja kampung ini bisa menular ke kampung kampung lainnya,”katanya.

Dilain itu jelas Politisi Demokrat ini, Pemkot akan bersinergi melalui dinas terkait akan bahu membahu membantu untuk mengembangkan kampung bahari nusantara lanal Palembang termasuk bantuan dari segi anggaran.

“Kami berkeyakinan kampung bahari nusantara ini akan sangat bermanfaat bagi warga disekitar yang ingin belajar di rumah pintar bentukan Lanal Palembang,”tandasnya. (Ril/Al)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button