Himbauan Vaksin Booster

Banner Abdullah Taufik

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Dirgahayu Kabupaten Musi Banyuasin ke 66 Tahun
Financial TechnologyHeadlinePemerintah Daerah

Bagikan Tips Sukses Kembangkan IKM dan UMKM

Sumsel Independen – Masih dalam rangkaian kunkernya di Kabupaten Muaraenim, Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel menutup Pameran UMKM memperingati HUT Kabupaten Muara Enim, di halaman GOR Pancasila setempat, Senin (21/11) sore.

Ada tiga pesan penting yang disampaikan Gubernur Herman Deru  kepada pemangku kebijakan dan pelaku UMKM yang berpartisipasi mengikuti pameran.

Menurutnya agar UMKM dapat berkembang membangkitkan perekonomian daerah dan masyarakat, para pemangku kebijakan dan lembaga keuangan  harus mempermudah pintu permodalan bagi setiap IKM dan UMKM.

Kemudian yang kedua adalah konsisten memberikan dan menyelenggarakan pelatihan bagi UMKM. Pasalnya UMKM ini terdiri dari berbagai bidang tak hanya kuliner namun ada juga jasa dan perdagangan.

” Industri Kecil Menengah (IKM)  dan UMkM  di daerah ini wajib didorong oleh Pemdanya agar menjadi lebih kreatif, inovatif agar punya daya saing yang lebih luas,” tegas.

Baca Juga :   Kebakaran Sumur Ilegal Desa Keban I Muba Dipadamkan Tepat Waktu, Ini Pesan Sekda Apriyadi

Selain dua hal di atas, upaya lain yang tak kalah penting dilakukan Pemda adalah membuka peluang pasar untuk mereka. Caranya dengan menggelar Pameran UMKM seperti dilakuka  Pemkab Muaraenim sehingga dapat semakin memperkenalkan produk para UMKM sekaligus meningkatkan omzet mereka.

” Cara yang ketiga ini sebenarnya bisa dilakukan siapa saja tidak hanya Pemda, bisa BKOW, TP PKK di tingkat Kecamatan atau Desa juga bisa. Selama ada niat,” jelasnya. Dalam kesempatan itu Ia juga memgingatkan semua pihak agar menjadikan rangkaian HUT ke-76 Muaraenim ini sebagai sarana introspeksi menyempurnakan segala sesuatu yang belum sempurna.

Iapun meminta semua pihak terkait untuk meneruskan apa yang sudah terlaksana baik seperti penyelenggaraan pameran UMKM tersebut. Karena hal ini menunjukkan bahwa Pemkab sudah memahami  kekuatan UMKM dalam mendorong perkembangan ekonomi di daerah.

” Saya apresiasi sekali penyelenggaraan pameran ini karena Pemkab nya paham bahwa UMKM adalah sektor yang sangat berperan dalam perkeonomian. Karena UMKM memang terkenal tangguh dalam berbagai guncangan baik skala global mauoun nasional dan lokal,” jelasnya.

Baca Juga :   Sisir Pelanggar Protokes, Warga Muba Disanksi Sosial Hingga Denda

Karena besarnya peran UMKM itulah, Herman Deru berpesan agar Bupati dan Walikota termasuk Forkopimda benar-benar memperhatikan perkembangan UMKM di daerahnya masing-masing.

” Saya apresiasi inu luar biasa. Semoga ini semakin mengenalkan keaslian berbagai produk UMKM Muaraenim,” ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Muaraenim, Kurniawan  AP. M.Si mengatakan pihaknya memang berkomitmen terus mendorong perkembangan UMKM di daerah. Karena itu dalam rangkaian HUT Muaraenim ke-76, UMKM mendapatkan space khusus. Ia berharap dengan adanya pameran ini semakin menumbuhkan semangat warga untuk menjadi entreperenurship dan membuka lapangan usaha. Sehingga semakin menggerakkan perekonomian daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah UMKM berprestasi. (Ril)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button