Griya Literasi
Pemkot

Bahaya Asap Kendaraan Bermotor bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Minggu, 9 Jun 2024 12:47 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — asap kendaraan bermotor bukanlah sekadar masalah lingkungan, tetapi juga menjadi ancaman serius bagi kesehatan Ibu Hamil dan janin yang dikandungnya.

Terpapar asap kendaraan bermotor dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang berpotensi mengancam kehamilan Anda.

Simaklah informasi penting melansir dari Halodoc.com,  berikut untuk memahami bahaya asap kendaraan bermotor bagi Ibu Hamil lebih lanjut.

  1. Meningkatkan Risiko preeklamsia: Polusi Udara dari kendaraan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada Ibu Hamil, yang dikenal sebagai preeklamsia. Kandungan kimia berbahaya dalam asap, seperti PM2.5, dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi ini hingga 50 persen. preeklamsia dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin, terutama jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.
  2. Risiko Kelahiran Prematur yang Lebih Tinggi: Terpapar asap kendaraan bermotor juga meningkatkan risiko kelahiran prematur. Sebuah studi menunjukkan bahwa Ibu Hamil yang tinggal di daerah dengan Polusi Udara tinggi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi prematur. Paparan bahan kimia dalam asap dapat mengganggu perkembangan plasenta dan menyebabkan kelahiran prematur.
  3. masalah pernapasan: asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan masalah pernapasan pada Ibu Hamil, seperti iritasi tenggorokan, batuk-batuk, dan kesulitan bernapas. Dampak ini juga dapat dirasakan oleh janin, yang dapat mengalami masalah pernapasan jangka panjang seperti asma atau alergi akibat paparan asap selama masa kehamilan.

Untuk melindungi diri dan janin Anda dari bahaya asap kendaraan bermotor, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat kendaraan.
  • Tutup jendela dan pintu rumah untuk mencegah masuknya Polusi Udara ke dalam rumah.
  • Gunakan air purifier untuk membersihkan udara di dalam rumah dari zat-zat berbahaya.
  • Tanam tanaman “air purifier” seperti sirih gading atau palem bambu untuk membersihkan udara di sekitar rumah Anda.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan kesehatan Anda dan janin Anda selama masa kehamilan. Perlindungan terhadap paparan asap kendaraan bermotor sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda dan kelangsungan kehamilan Anda.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode