Griya Literasi
Pemkot

Bahaya Konsumsi Kafein Berlebih: Mengatasi Jantung Berdebar Karena Kopi

Jumat, 17 Mei 2024 16:51 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Minum Kopi adalah rutinitas yang sulit dipisahkan bagi banyak orang. Namun, mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan, terutama jantung.

Meski toleransi kafein setiap orang berbeda, kebanyakan individu mulai merasakan ketidaknyamanan setelah minum lebih dari empat cangkir Kopi sehari.

Efek kafein pada Tubuh

kafein adalah stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat. Menurut ahli nutrisi Priya Kathpal, batas aman konsumsi kafein adalah sekitar 400 miligram per hari, setara dengan empat cangkir Kopi. Melebihi batas ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti jantung berdebar, gelisah, dan waspada berlebihan. “kafein memicu pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan detak jantung,” ujar Priya.

kafein menghalangi pemecahan utusan kimia bernama phosphodiesterase (PDE). Akibatnya, jumlah siklik adenosin monofosfat (cAMP) dalam tubuh meningkat, merangsang neurotransmiter seperti norepinephrine dan epinefrin (adrenalin). “Norepinephrine secara khusus menargetkan hati, membuat detak jantung lebih kuat dan cepat,” jelas Priya. Hasilnya, jantung terasa berdebar kencang.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat kafein

Jika kamu mengalami jantung berdebar karena terlalu banyak kafein, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meredakan gejala tersebut:

  1. Minum Banyak Air Minumlah banyak air untuk membantu tubuh mengeluarkan kafein berlebih dan mengurangi dehidrasi, yang bisa memperburuk gejala.
  2. Konsumsi Makanan Kaya Magnesium kafein dapat menurunkan kadar magnesium dalam tubuh, yang berkontribusi pada jantung berdebar dan kegelisahan. Mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti pisang dan sayuran hijau dapat membantu mengurangi gejala ini.
  3. Olahraga Ringan Berolahraga ringan dapat membantu menghilangkan detak jantung yang berdebar akibat kafein, membuat tubuh lebih tenang setelahnya.

Batas Aman Konsumsi kafein

Mengonsumsi antara 500 hingga 600 miligram kafein per hari, atau setara dengan lima hingga delapan cangkir Kopi, dikaitkan dengan meningkatnya risiko jantung berdebar, mudah tersinggung, sakit perut, dan rasa gugup. Untuk mengurangi risiko ini, disarankan untuk mengonsumsi kafein dalam batas aman, yaitu sekitar 200 hingga 300 miligram per hari (dua hingga empat cangkir Kopi).

Jika kamu mengalami gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, kebingungan, muntah-muntah, atau detak jantung tidak beraturan, segera cari bantuan medis. Menghindari konsumsi kafein berlebihan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya.

kafein, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, dapat memberikan manfaat bagi tubuh dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, penting untuk mengenali batas toleransi tubuh terhadap kafein dan menghindari konsumsi berlebih yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya seperti jantung berdebar dan gelisah. Dengan mengatur asupan kafein, kita dapat menikmati manfaatnya tanpa mengorbankan kesehatan.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode