Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Financial Technology

Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Ralali.com Resmikan Kantor di Palembang

Sumsel Independen – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai menjadi salah satu penompang dalam perekonomian sosial di tengah Pandemi Covid saat ini. Sebagai Marketplace B2B (Business-to-Business) online pertama dan terbesar di Indonesia, Ralali.com mencermati kondisi tersebut dengan menyuarakan secara masif kebangkitan UMKM melalui gerakan #bersamabangkit.

Sebagai bentuk dukungannya, Ralali.com sengaja resmikan Kantor Operasional Ralali Partner di Palembang. Hal ini juga beriringan dengan bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk UMKM go digital.

Chief Executive Officer Ralali.com, Joseph Aditya menjelaskan, bahwa serangkaian langkah strategis pun tengah dirancang oleh Ralali.com, salah satunya yaitu dengan bekerjasama membangun kantor operasional Ralali Partner di Palembang.

“Hal itu juga sengaja kita lakukan guna memperluas jangkauan Ralali.com dalam melayani para pengusaha UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Joseph dalam kegiatan Grand Launching Kantor Cabang Ralali Partner di Palembang, Selasa (24/11).

Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Ralali.com Resmikan Kantor di Palembang

Direktur Utama PT. Akselerasi Digital Indonesia (ADI), Hendra Setyadi Putra yang juga merupakan Pengusaha Muda Multiindustri di Indonesia berharap, bahwa selaras dengan misi dalam mendigitalkan UMKM di Indonesia, adanya Ralali Partner di Palembang diharapkan dapat mempermudah usaha-usaha kecil menengah guna menghadapi situasi yang uncertainty saat ini.

Baca Juga :   Datangi Sekretariat BPD HIPMI Sumsel, Agustian Ramaputra : Ini Panggilan Jiwa

“Saya juga berharap ini dapat menjadi pusat berkumpulnya UMKM untuk saling bertukar pikiran dalam upaya mendukung gerakan #bersamabangkit,” ucap Hendra.

Pria yang akrab disapa Heng Heng itu juga menambakan, bersamaan dengan peresmian kantor operasional tersebut, Ralali.com juga rencana akan meluncurkan suatu program baru bernama “Warli” atau Warung Ralali.

“Program ini merupakan akuisisi warung yang ditujukan untuk membantu para pengusaha warung, terutama yang berada di Jakarta dan Palembang dalam mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

“Salah satu keuntungan yang akan diterima oleh mitra “Warli” adalah pinjaman dana usaha sampai dengan 50 juta rupiah yang akan diberikan oleh Ralali.com sesuai syarat dan ketentuan program ini, serta serangkaian benefit lainnya yang juga akan diberikan kepada mitra “Warli”. “Untuk keterangan program ini dapat menghubungi Hello Ralali ataupun Ralali Partner Palembang,” tambahnya.

Masih dikatakannya, pihaknya juga akan berusaha mengurangi penganguran dan meningkatkan perekonomian di Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang khususnya

Baca Juga :   PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Selama Ramadhan

“Karena kalau semuanya tutup tidak ada yang buka, maka roda perekonomian kita tidak akan memutar. Dan saat ini, sudah 100 warli di Palembang, tersebar di seluruh kecamatan,” tuturnya.

Dijelaskannya, untuk order barang langsung saja pada aplikasi toko pos dan aplikasi ini langsung terkoneksi gudang jadi pemesanan barang bisa cepat.

“Untuk pengiriman bisa 1 hari hingga
2 hari saja, sedangkan untuk harga karena barang kita langsung dari distributor jadi kita tidak lebih murah atau lebih mahal tetapi kita berikan servis yang baik,” jelasnya.

“Untuk saat ini, barang barang yang banyak dibeli konsumen di masa pandemi ini adalah barang kesehatan, sabun, minyak, beras. “Kebutuhan sehari hari tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Sektor ketahanan pangan dan energi itu akan naik terus,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua HIPMI Sumsel, Hermansyah Mastari yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa dizaman serba digital, semua UMKM diharapkan dapat terus untuk melirik digital.

Baca Juga :   Capaian Respon Rate Sensus Penduduk Online Sumsel Tertinggi Kedua Nasional

“Alhamdulilah, dengan adanya Ralali ini yang fokus pengembangan IT bagi UMKM. Jadi, UMKM ini harus terlibat lebih besar lagi, dan UMKM juga harus kreatif biar bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Tokoh Pemuda dan Masyarakat Sumatera Selatan – Babel, Datuk Ramli Sutanegara juga mengungkapkan harapannya terhadap inisiatif Ralali.com.

Ia menyampaikan, dengan kehadiran Ralali Partner tersebut, diharapkannya kedepan dapat memberikan dampak positif serta membangkitkan kembali semangat UMKM dalam menghadirkan inovasi produk yang bermanfaat.

“Saya juga berharap agar ini juga dapat membantu untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah sebagaimana sering saya diskusikan dengan pak Hendra Setyadi,” singkatnya.

Diketahui, bahwa acara tersebut dihadiri oleh Presiden IMA Palembang, Handy Soen, Ketua HIPMI Sumsel Hermansyah Mastari, Ketua HIPMI Banyuasin, Mahmud Ahmad, Ketua Suta Nusantara, Arie Wijaya, Camat IT3, Lurah, dan RT Setempat. (Putri/Cak_In)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button