Griya Literasi
Pemkot

Bawaslu OKU Selatan: Kades Boleh Berfoto dengan Bakal Calon Bupati

Rabu, 22 Mei 2024 14:43 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Selatan tidak melarang Kepala Desa (Kades) termasuk ASN untuk berfoto dengan para Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024. Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Selatan, Doni Chandra melalui Komisioner Bawaslu, Komang Wardiasa.

“Selagi bakal calon Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah tersebut masih berstatus Bakal calon maka Kades termasuk ASN tidak dilarang untuk berswa poto atau selfi dengan setiap bakal calon kepala daerah yang ada saat ini,” ucap Komang Wardiasa.

Namun, Komang menegaskan bahwa jika bakal calon tersebut sudah berstatus calon, maka Kades dan ASN dilarang untuk berpoto dengan mereka. “Berbeda jika sudah berstatus calon kepala daerah tentunya dilarang,” tegasnya.

Komang juga mengatakan bahwa baleho bakal calon Kepala daerah yang telah banyak bersebaran saat ini juga tidak ada larangan untuk tidak boleh di pasang. “Karena masih berstatus dan bertuliskan bakal calon bukan calon,” ucapnya.

Namun, jika baleho tersebut sudah ditulis calon bukan bakal diluar masa kampanye yang ditentukan, maka akan ditindak tegas oleh Bawaslu. “Tapi jika baleho tersebut sudah di tulis calon bukan bakal diluar masa kampanye yang di tentukan maka tentu akan di tindak tegas oleh Bawaslu,” tegasnya.

Komang juga mengingatkan bahwa saat ini masih dalam masa tahapan pilkada, yaitu seperti pembentukan Petugas PPK, PPS, dan KPPS oleh KPU dari tanggal 27 April hingga 5 November 2024. “Tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024 masa waktu pembukaan pendaftaran bagi paslon,” tukasnya.

Komang juga menambahkan bahwa salah satu yang akan ditindak oleh Bawaslu OKU Selatan adalah jika ada laporan warga pemilik lahan ke pihaknya terkait pemasangan baleho tanpa izin dari pemilik lahan. “Jika masyarakat pemilik lahan melapor karena dilahan milik warga tersebut baleho di pasang tanpa izin pemilik lahan tentu akan diturunkan oleh Bawaslu,” pungkasnya. (DK)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode