Griya Literasi

Beredar Nama Caleg Duduki Kursi DPRD Lahat, KPU Lahat Masih Tunggu Keputusan KPU RI

Senin, 4 Mar 2024 20:07 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – 40 nama peraih suara tertinggi yang bakal duduk di kursi empuk DPRD Lahat, sudah banyak beredar di jejaring media sosial masyarakat Kabupaten Lahat. Rapat pleno rekapitulasi suara hasil pemilihan legislatif (Pileg) Kabupaten Lahat juga telah usai Sabtu (2/3) lalu. Namun, KPU Kabupaten Lahat hingga saat ini belum resmi menetapkan nama 40 Caleg yang lolos jadi anggota dewan yang terhormat pada periode 2024-2029. Dikarenakan masih menunggu keputusan KPU RI.

“Nama-nama yang terpilih dari hasil rekapitulasi sudah ada. Namun prosesnya belum selesai, masih ada Pleno di Provinsi Sumsel, Rabu (6/3/2024) – Minggu (10/3/2024) mendatang,” terang Ketua KPU Lahat, Sarjani, Senin (4/3/2024).

Sarjani membenarkan, sepanjang proses rekapitulasi suara, ada sejumlah sanggahan mengenai perolehan hasil suara. Yakni dari saksi Partai PKB Lahat, Dody Satriadi. Dodi menyampaikan keberatan dengan hasil yang dibacakan oleh PPK Kecamatan Tanjung Sakti PUMU. Data yang dihadirkan disebut telah dimanipulasi, bukan riil atas hasil dari pemungutan suara di TPS 02 Desa Kembang Ayun Kecamatan Tanjung Sakti PUMU.

“Sanggahan disampaikan secara berjenjang hingga ke tingkat KPU RI. Namun tetap seperti di Lahat, sulit untuk membuka kotak suara, kecuali masuk ke ranah Mahkamah Konstitusi (MK),” jelasnya.

Sementara, Bidang Teknis KPU Lahat, Elvarani menuturkan, saat ini pihaknya masih merampungkan hasil rekapitulasi, terkait siapa saja Caleg yang meraih suara terbanyak, kemudian akan direngking terlebih dahulu.

“Setelah kita rekap nama-namanya tersebut, baru akan gelar pleno penetapan,” tuturnya. (via)

Laporan: Via
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode