Banner Abdullah Taufik

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Dirgahayu Kabupaten Musi Banyuasin ke 66 Tahun
Kesehatan

Berikut 10 Langkah Mengatasi Dahak di Tenggorokan Tanpa Disertai Batuk

Sumsel Independen – Alergi atau Flu merupakan gejala gangguan dari kesehatan, contohnya batuk yang menyertainya dengan dahak. Harus diketahui bahwa pertanda adanya penyakit lain dalam tubuh jika dahak tanpa disertai batuk.

Bisa jadi iritasi dikarenakan infeksi saluran pernafasan apabila batuk tanpa munculnya dahak di tenggorokan. Selain itu kemungkinan adanya masalah penyakit di paru-paru seperti penyakit asma dan penyakit paru lainnya.

Di lansir dari Halodoc.com, Senin, (19/12/2022), berikut langkah sederhana dapat dilakukan untuk mengatasi dahak di tenggorokan yang tidak disertai batuk, diantaranya :

  1. Minum Air Putih yang Banyak
    Ketika adanya dahak di tenggorokan, maka disarankan untuk minum air putih yang banyak. Adapun jumlahnya air yang diminum yakni kisaran lebih dari 2 liter per hari. Langkah ini efektif untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah untuk dikeluarkan.
  2. Minum Air Hangat dicampur Madu
    Gejala sakit tenggorokan yang disertai  penumpukan dahak dapat diatasi atau diringankan dengan minum air hangat yang dicampur madu. Harus diperhatikan, hindari penggunaannya untuk anak usia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan keracunan.
  3. Berkumur dengan Air Garam
    Salah satu cara yang efektif untuk meredakan gejala penumpukan dahak seperti sakit tenggorokan yakni dengan cara berkumur dengan air garam.  Di dalamnya mengandung  sifat antibakteri dan antiinflamasi  yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mengusir bakteri atau virus penyebab dahak.
  4. Minum Teh Hangat
    Mengonsumsi teh yang diseduh dengan air hangat sebelum tidur juga efektif meredakan sakit tenggorokan. Adapun jenis teh yang dipilih seperti peppermint, chamomile, rosela atau lavende.
  5. Mandi Air Hangat
    Untuk mempermudah mengeluarkan lendir dahak dan melebarkan jalur pernapasan maka dapat diambil langkah dengan mandi air hangat. Saat mandi air hangat itulah secara tidak langsung kita menghirup uap yang terbukti efektif mengencerkan dahak.
  6. Perasan Air Lemon
    Bersifat antioksidan dan antiradang, lemon dapat membantu mengatasi penumpukan dahak yang diakibatkan adanya infeksi di saluran pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya. Disarankan untuk menambahkan air ataupun irisan lemon ke dalam air hangat atau teh guna mendapatkan manfaatnya.
  7. Minum Air Rebusan Jahe
    Antiinflamasi dan antioksidatif yang terkandung dalam air jahe juga dapat menangkal radikal penyebab munculnya dahak di tenggorokan. Juga terdapat gingerol didalamnya yang bekerja untuk mengencerkan dahak.
  8. Mengonsumsi Bawang Putih
    Bawang putih bersifat antimikroba karena mampu mencegah penumpukan lendir akibat infeksi bakteri dan virus. Kemudian juga bawang putih efektif menghancurkan lendir dan mengeluarkannya.
  9. Menggunakan Pelembap Udara
    Untuk mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi di saluran pernapasan maka dapat menggunakan pelembab udara atau humudifer.  hal ini dapat dibantu dengan jenis minyak esensial seperti oregano, eucalyptus, thyme, rosemary, dan peppermint.
  10. Mengonsumsi Cabai
    Kandungan zat capsaicin dalam cabai berkhasiat dapat memudahkan keluarnya lendir di tenggorokan dengan terlebih dahulu mengencerkan dahak yang ada. Agar tidak menimbulkan ganguan pencernaan, hindari penggunaannya yang terlalu banyak.
Baca Juga :   Pastikan Bebas Narkoba, ASN & Tenaga Honorer Dilingkungan Dinas Perkebunan Muba Tes Urine Mendadak

Perhatian : Jika 10 cara di atas tidak dapat mengatasi dahak yang ada di tenggorokan, maka lakukan pemeriksaan lebih lanjut atau segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. (Cak_in/Net)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button