Griya Literasi
Pemkot

Buah Salak: Manfaat Sehat di Balik Mitos Susah BAB

Kamis, 16 Mei 2024 15:32 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independenbuah salak, yang juga dikenal dengan julukan “snake fruit” karena kulitnya yang bersisik seperti ular, sering kali dianggap sebagai buah yang sulit untuk dikupas dan bisa menyebabkan konstipasi atau susah buang air besar (BAB). Namun, anggapan tersebut ternyata hanya mitos belaka. Sebaliknya, mengonsumsi buah salak dapat memberikan berbagai manfaat baik, terutama untuk pencernaan.

Selama ini, buah salak sering dikaitkan dengan gangguan pencernaan. Ada yang menyebut bahwa mengonsumsi buah salak bersama dengan kulit arinya bisa menyebabkan susah BAB. Faktanya, hal ini tidak benar sama sekali. buah salak justru mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk pencernaan. Perlu diketahui, sembelit tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan.

buah salak ternyata sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat dan tanin. Serat dari tumbuhan, termasuk buah-buahan seperti salak, membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa dan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah salak malah disarankan bagi orang yang tengah mengalami sembelit. Selain itu, tanin yang terkandung dalam buah salak berfungsi sebagai antimikroba alami di dalam usus, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain manfaat untuk pencernaan, rutin mengonsumsi buah salak juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut beberapa manfaat utama dari buah salak:

  1. Sumber Antioksidan Tubuh manusia membutuhkan asupan Antioksidan untuk mencegah penyakit akibat kerusakan sel-sel dalam tubuh. buah salak kaya akan Antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, penyakit autoimun, dan berbagai jenis infeksi. Antioksidan juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.
  2. Kandungan Zat Besi dan kalsium buah salak juga mengandung banyak Zat Besi dan kalsium, dua mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Zat Besi dan kalsium juga bermanfaat untuk memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, dan meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.
  3. Kaya Vitamin C buah salak kaya akan Vitamin C, yang berperan penting dalam memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, Vitamin C juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah salak sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk menghindari konsumsi buah yang satu ini. Sebaliknya, menjadikan buah salak sebagai bagian dari pola makan sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode