HeadlinePemerintah Daerah

Bupati OKU Timur H.Lanosin Sampaikan Rencana RPJMD kabupaten OKUT Tahun 2021-2026

Sumsel Independen – Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. Hadiri Pembukaan Rapat Paripurna ke XX DPRD Kabupaten OKU Timur, masa sidang III tahun 2021 tentang pembahasan dan penandatanganan nota kesepakatan rencana awal RPJMD Kabupaten OKU Timur tahun 2021-2026, Selasa,(4/5/2021)di Ruang Sidang Paripurna DPRD OKU Timur.

Pembukaan rapat Paripurna guna membahas dan meneliti rancangan awal RPJMD kabupaten OKU Timur tahun 2021-2026 Yang mana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menurut Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional atau SPPN.

Dalam pidatonya, Bupati OKU Timur mengatakan bahwa dalam tahapan RPJMD ini telah didahului dengan dilaksanakannya kegiatan forum konsultasi publik yang melibatkan unsur masyarakat dalam rangka menjaring aspirasi, masukan, dan saran dari setiap unsur pemangku kepentingan guna penyempurnaannya.

“Masukan maupun saran telah kami terima yang disertai data dan informasi pendukung guna menyepakati permasalahan, tantangan dan isu strategis pembangunan Kabupaten OKU Timur 5 (Lima) tahun kedepan. Dengan demikian diharapkan penyusunan RPJMD ini semakin baik dan semakin menyentuh kepentingan masyarakat hingga seluruh pembangunan yang kita laksanakan benar-benar mampu menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat,”jelasnya

Baca Juga :   Pesatnya Pembangunan di Sumsel Tarik Perhatian Australia

H.lanosin menambahkan Penyampaian Rancangan Awal ini masih merupakan tahap awal dalam penyusunan RPJMD Kabupaten OKU Timur Tahun 2021-2026. Karena setelah mendapat pembahasan dan kesepakatan DPRD, Rancangan Awal ini akan dikonsultasikan kepada Gubernur untuk mendapatkan saran dalam penyempurnaan.

“Tahapan selanjutnya akan dilakukan Musrenbang guna penajaman dan penyelarasan serta penyempurnaan yang pada akhirnya akan dibahas kembali dengan DPRD setelah menjadi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD Kabupaten OKU Timur tahun 2021-2026,”tegasnya

Dimana dalam Pelaksanaan pembangunan selama 5 tahun terakhir telah kita rasakan manfaatnya, kita bersama telah membentuk pondasi pembangunan berupa infrastruktur dasar, layanan kesehatan dan layanan pendidikan serta pengembangan ekonomi pertanian. selain itu indikator pembangunan yang sudah ditargetkan pada RPJMD, tahun demi tahun menunjukkan progres capaian sebagaimana telah direncanakan, walaupun pada tahun 2020 terdapat beberapa indikator yang terkoreksi akibat dampak pandemi covid-19,”imbuhnya

Baca Juga :   Herman Deru  Arahkan Karang Taruna Terlibat Aktif Dalam  Aksi  Sosial  Kepemudaan

RPJMD periode keempat dalam RPJP Kabupaten OKU Timur. Selain memuat visi dan misi Bupati dan Wakil Rencana Pembangunan Jangka Menengah Bupati, juga berisi janji-janji politik yang sudah disampaikan pada saat kampanye serta fokus pembangunan Kabupaten OKU Timur 5 tahun ke depan dan juga Visi pembangunan 5 tahun ke depan yaitu Terwujudnya Kabupaten OKU TIMUR yang Maju Lebih Mulia Untuk mewujudkan Visi di atas, didukung oleh 8 misi.

Menurut Enos, misi pertama untuk meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah daerah yang efektif, efisien, bersih dan akuntabel, serta mengutamakan pelayanan masyarakat.”Misi kedua, Enos berkomitmen meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata guna menunjang pelayanan publik efektif dan efisien.

“Misi ketiga, Pemkab OKU Timur akan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemerataan tenaga pendidik. Serta peningkatan SDM tenaga pendidik dan pemberian bantuan seragam dan perlengkapan sekolah bagi siswa tidak mampu.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Bupati Dodi Reza Lakukan Koordinasi Hingga Perbatasan Provinsi

“Misi keempat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Pemkab OKU Timur akan melakukan perluasan layanan berobat gratis bagi masyarakat pra sejahtera, kepala desa dan perangkat desa melalui penguatan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Misi kelima, kita telah menyiapkan program peningkatan perekonomian daerah yang berbasis pada pendirian Badan Usaha Milik Daerah BUMD Pangan. Sehingga menyerap sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan,” ujar Enos.

“Lalu untuk misi keenam dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan dan ketenteraman masyarakat bersinergi dengan pihak Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (Jodi)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button