Griya Literasi

Bupati OKUT Buka Langsung Lomba Cipta Karya Menu Tingkat Kabupaten OKU Timur

Rabu, 13 Okt 2021 18:56 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kebutuhan pangan adalah kebutuhan pokok dan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, baik kualitas maupun kuantitasnya. Demikian disampaikan Bupati OKU Timur, H Lanosin, ST saat pembukaan acara lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten OKU Timur tahun 2021, Rabu (13/10/2021) di Balai Rakyat Pemkab setempat.

“Ini juga adalah statistik dalam menentukan angka kesejahteraan daerah. Indeks Ketahanan Pangan OKU Timur adalah yang tertinggi se Sumsel dengan skor 81,22. Yang ditinjau dari tiga kriteria, yaitu Ketersediaan, Keterjangkauan dan pemanfaatan pangan dari sisi gizi,” jelasnya

Selain itu dikatakan Bupati, Kabupaten OKU Timur juga akan mendapatkan program mandiri pangan yang di canangkan oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

“Sasarannya jelas, yaitu menekan angka masyarakat yang kurang sejahtera, yang saat ini prestasinya naik menjadi 10,46 persen di OKU Timur. Program ini harus kita sambut, agar OKU Timur menuju merdeka pangan,” ujarnya.

Lanosin juga membuahkan bahwa dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang kita juga perlu mengkonsumsi aneka menu makanan beragam bergizi seimbang dan aman untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, sehingga meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan yang diikuti oleh 20 Kecamatan Se Oku Timur, saya harapkan hal ini dapat meningkatkan inovasi Masyarakat untuk membidik peluang usaha dari kreasi menu kearifan lokal,”jelasnya

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur, dr. Sheila Noberta,S.pA M.Kes mengatakan, konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman menjadi sangatlah penting. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan bersama TP PKK bekerjasama menggelar lomba cipta pangan B2SA .

“OKU Timur memiliki potensi sumber pangan karbohidrat yang cukup besar, namun belum optimal. Untuk itu, kami dari PKK secara maksimal bergerak untuk memanfaatkan lahan kosong melalui program ketahanan pangan lestari,” jelasnya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, Junadi, SP, MM dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menurunkan target konsumsi beras dan mempromosikan konsumsi pangan yang beragam. “Sasaran yaitu terbangunnya kesadaran masyarakat akan konsumsi pangan yang beragam dan Bergizi. Kegiatan lomba B2SA ini diikuti oleh 20 tim dari TP PKK kecamatan se Kabupaten OKU Timur,” pungkasnya. (Jodi)

Cak_In

Cak_In

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIX
    Majalah Independen Edisi LVIII

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode