AdvertorialHeadlinePemerintah Daerah

Bupati OKUT H.Lanosin Panen Raya Bersama Menteri Pertanian Dan Gubernur Sumsel

Sumsel Independen – Dalam rangka panen raya padi di kabupaten OKU Timur Bupati OKU Timur H.Lanosin Hamzah,S.T bersama dengan Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru,S.H,M.M dan Mentri Pertanian Dr.Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. melakukan pane raya padi IP-200 dan tanam padi IP-300

Dimana dalam acara Panen raya padi IP-200 dan tanam padi IP-300 tersebut juga di hadiri hadiri langsung Anggota DPR-RI dari fraksi partai Nasdem Hj Percha Leanpuri,B.Bus.,MBA.dan juga Dirjen Tanaman Pangan Dr. Ir. Suwandi, M.Si ,Dirjen Perkebunan Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc ,Kepala Badan Karantina Pertanian Ir. Ali Jamil Harahap, MP, Ph.D, Staf Khusus Menteri Prof. Dr. Ir. Imam Mujahidin Fahmid, MT. Dev Direktur Pupuk dan Pestisida Mohammad Hatta S, STP, MM. Dan juga unsur Forkopimda

Panen Raya tersebut berlangsung di Desa Srikaton, kecamatan Buay Madang Timur kabupaten OKU Timur, dimana dalam kegiatan Panen Raya tersebut tetap ketat mematuhi Peraturan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan tetap menjaga jarak mencuci tangan memakai masker.Sabtu(3/4/2021)

Panen Raya di Oku Timur

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur H.Lanosin Hamzah,S.T menyampaikan, bahwa kabupaten OKU Timur yang dimana didaulat sebagai produsen penghasil gabah kering terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Dimana salah satu faktor yang mendukung OKU Timur menjadi lumbung gabah ialah infrastruktur irigasi yang cukup mumpuni dan telah lama dimiliki untuk mengairi lahan sawah di wilayah Kabupaten OKU Timur ini.

Baca Juga :   Gelar FGD, FKMD Sumsel Terus Sosialisasikan Kepada Masyarakat Akan Bahaya Narkoba

“Dimana dari Hasil survey BPS Provinsi sumatera selatan terlihat bahwa OKU Timur merupakan penghasil gabah kering siap giling terbesar di Sumatera Selatan. Dari Infrastruktur irigasi yang mengalir bendungan perjaya sampai ke ujung kabupaten menjadi salah satu faktor pendukung baiknya hasil panen padi petani sawah OKU Timur,”jelasnya

Dirinya berharap agar kedepannya pemerintah pusat dan daerah dapat membantu dan berkerja sama untuk meningkatkan hasil pertanian sawah dan nantinya kabupaten OKU Timur bisa menjadi lumbung padi yang tidak hanya di Sumatera Selatan saja tetapi menjadi lumbung padi nasional. Maka momen panen raya ini sebagai bentuk acuan agar kedepannya harapannya hasil panen bisa semakin lebih baik lagi.

Bupati Oku Timur (kiri), Menteri Pertanian (tengah), Gubernur Sumsel (kanan)

“Dimana Prestasi Pertanian OKU Timur tertinggi di sumsel ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan sekaligus tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan produksi pertanian. Panen raya ini adalah bentuk acuan agar kedepannya hasil panen padi di OKU Timur semakin tinggi dan lebih baik. Harapan saya pemerintah pusat dan provinsi tetap membantu kami demi tercapainya target lumbung padi daerah dan nasional,” tegasnya.

Baca Juga :   Fitrianti: Masyarakat Berhak Mendapatkan Kenyamanan Saat Dijalan Raya

Sedangkan Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru,S.H,M.M menegaskan Pemerintah Provinsi akan selalu konsisten meningkatkan hasil produksi pertanian dengan menyesuaikan program program dari pemerintah pusat. Kemudian juga sebagai bentuk keseriusan pemerintah provinsi khususnya provinsi Sumatera Selatan yaitu dengan mengawal pembangunan Bendungan Tiga Dihaji agar kedepannya jika proyek tersebut berjalan dan selesai maka seluruh sawah petani akan teraliri air sampai ke daerah ilir dan akan meningkatkan produktivitas petani,” tegas Deru.

Sementara itu Menteri Pertanian Dr.Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. dalam arahannya sangat mengapresiasi Gubernur Sumatera Selatan yang sangat peduli dan sangat antusias dalam urusan di bidang Pertanian.

“Dari semuan gubernur di Indonesia gubernur Sumatera Selatan ini lah yang sangat kepo dan aktivitas di urusan pertanian,”ucapnya

“Saya datang ke Sumatra Selatan tepatnya di kabupaten OKU Timur untuk melihat langsung produksi padi di kabupaten OKU Timur ini dan hasilnya cukup bagus dan maksimal,”imbuhnya

Menteri pertanian juga menjelaskan Dimana Salah satu penopang utama beras nasional adalah provinsi Sumatra Selatan yang menempati urutan ke lima penopang utama beras Nasional.

Panen Raya

“Salah satu penopang utama dari produktivitas beras beras kita yang ada salah satunya adalah Sumatera Selatan dari 6 provinsi yang ada penyangga utama 54 di Jawa yang sekarang itu Sumatera Selatan juara nomor 5 Nasional penopang utama beras,”tegasnya

Baca Juga :   Bulog dan PT RNI Di dipririntahkan Serap 50.000 Ton Beras di Sumsel

Jelas Mentan, saat ini produktifitas pertanian khususnya beras Indonesia sedang melimpah karena masa panen raya. Biasanya saat panen orang banyak buru-buru menjual, sehingga sering kali harga bisa turun hingga dibawah Harga Pokok Penjualan (HPP).

Namun Ia berharap untuk Kabupaten OKU Timur harga gabah dan padi tetap terjaga, serta tetap pada koridor yang ada. Untuk itu semua stakeholder diharapkan mampu saling bahu membahu mewujudkan harga ini tetap stabil saat panen raya seperti ini

Panen Raya

“Hari ini kita sengaja turun untuk meyakinkan secara bersama, bahwa seluruh stakeholder bulog dan RNI harus menyerap hasil panen petani sesuai HPP. Selain itu kita juga akan terus mendorong penggilingan di OKU Timur untuk bisa turut menyerap maksimal, sehingga peran serta dalam memperdagangkan ini juga bisa berlangsung baik,” jelasnya.

Mentan juga menjelaskan bahwa pemerintah pusat akan selalu mengawal dan menerima masukan apapun untuk kebaikan pertanian.

“Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian akan tetap mengawal, mengawasi dan menerima masukan apapun untuk kebaikan pertanian,” pungkasnya. (Adv)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button