Griya Literasi
Pemkot

Dekranasda Sumsel Juara Umum Kendaraan Hias-Stand Terbaik dalam HUT ke-44 Dekranas Tahun 2024

Sabtu, 18 Mei 2024 21:35 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan berhasil memenangkan membawa berbagai prestasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (Hut) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2024).

Dekranasda Sumsel berhasil menjadi Juara Umum Lomba Parade Mobil Hias, Kriya dan Budaya Dekranas 2024. Dalam kegiatan tersebut, Dekranasda Sumsel menyemarakkan parade mobil hias dengan memperlihatkan kemegahan Kerajaan Sriwijaya kepada masyarakat luas.

Kali ini, Dekranasda Sumsel mengirimkan lima mobil hias perwakilan dari Disbudpar Sumsel menampilkan mobil hias gajah yang membawa raja beserta permaisurinya. Kemudian mobil hias Dekranasda Banyuasin menampilkan kapal Sriwijaya, Dekranasda Palembang dengan mobil hias rumah limas, Dekranasda OKU dengan mobil hias goa harimau dan Dekranasda Muara Enim.

Selain itu, Dekranasda Sumsel juga meraih Juara satu dalam kategori Stand Terbaik Kategori Dekranasda Provinsi se-Indonesia sekaligus menjadi Juara umum stand terbaik.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda  Sumsel Tyas Fatoni mengaku bangga atas berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh Dekransda Sumsel. Penghargaan tersebut diterima langsung olehnya di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2024).

“Saya apresiasi kepada Dekranasda Sumsel. Persiapan kita sudah maksimal, hasil takkan mengkhianati proses. Melalui pameran ini tentu produk UMKM Sumsel akan lebih dikenal,” kata Tyas.

Rangkaian acara Hut ke-44 Dekranas di Kota Bengawan yang berlangsung sejak 14 Mei 2024 ini diisi berbagai kegiatan. Selain acara syukuran dan pameran produk unggulan kerajinan UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia, diselenggarakan pula peragaan busana atau fashion show, parade mobil hias kriya dan budaya dan penghargaan stand terbaik.

Dalam parade mobil hias terdapat sekitar 104 Kendaraan Hias dan 1.250 peserta dari berbagai daerah baik dari Dekranas maupun PKK se-Indonesia. Tema yang diusung adalah ‘Bangga Kriya dan Budaya Indonesia’.

Pembina Dekranas Tri Tito Karnavian pun menutup secara resmi semua rangkaian acara Hut Dekranas. Dia berharap acara tersebut dapat memberikan inspirasi dan semangat baru untuk terus bekerja memajukan industri kerajinan Indonesia.

“Marilah kita menjaga warisan budaya kita dan mengembangkan kreativitas inovasi dan memastikan produk lokal kita semakin dikenal dan dihargai baik di dalam negeri maupun mancanegara,” katanya.

Seremoni penutupan acara itu turut dihadiri Mendagri Tito Karnavian, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Ketua TP PKK kota Solo Selvi Ananda dan sejumlah pejabat lainnya. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode