Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Financial TechnologyHeadlineNasional

Di Era Digitalisasi, PB PMII Luncurkan E-PMII

Sumsel Independen – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakansalah satu eksponen bangsa yang telah cukup banyak memberikandampak yang positif dalam perkembangan generasi muda di Indoneia. PMII banyak melahirkan alumni, kader, dan anggotayang telah memberikan kontribusi nyata dalam ekosistemkehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai organisasi yang berbasis kaderisasi, tentu yang menjadi aset utama PMII adalahkadernya. Saat ini PMII Cabang yang hamper tersebar diseluruhwilayah Indonesia yang memiliki spesialisasi dan keahlian yang beragam. Tentu salah satu tantangan PMII yaitu bagiamanamelakukan eksplorasi dalam bidang penataan, menajemen, dan sistem pendataan organisasi termasuk kader dan anggotanya.

Di era yang saat ini kita sebut dengan Era Disrupsi Teknologi, mengharuskan kita untuk adaptif dan melakukan transformasipembaharuan dalam berbagai bidang. Dengan jumlah kader yang begitu banyak, pola kaderiasi yang beragam, dan sistemadministrasi yang cukup kompleks, saat ini PMII memerlukan satuplatform digital yang di dalamnya bisa mengcover seluruhkebutuhan di atas. Selain untuk melakukan transformasi dalammanajemen organisasi, hal ini juga dilakukan sebagai responterhadap pesatnya perkembangan teknologi.

Baca Juga :   Alumni Bina Darma Jadi Guru Bahasa Indonesia di Timor Leste

Maka sebagai jawaban dan respon atas kebutuhan tersebut, PB PMII melalui Bidang Penataan Aparatur Organisasimenyelenggarakan Opening E-PMII. E-PMII merupakan platform digital yang berfungsi untuk mempermudah dalam melakukanpengelolaan sistem database kader yang tertata juga kemudiansistem manajemen kaderisasi dan sistem administrasi PMII berbasis digital. Dengan adanya E-PMII akan memudahkan seluruhkader dalam melakukan manajemen organisasi dan pendataan, sehingga PMII akan mencurahkan fokus energinya dalammelakukan gerakan-gerakan yang lebih besar dalam ikutmembangun generasi muda Indonesia.

“E-PMII adalah salah satu dari visi misi besar saya sebagaiKetua Umum PB PMII, yaitu untuk mewujudkan pengelolaankerja-kerja organisasi yang efisien, cepat, dan efektif berbasisdigital sebagai respon cepat terhadap perkembangan zaman yang dinamis. E-PMII ini murni hasil karya terbaik dari kader-kaderPMII. Melalui Bidang Penataan Aparatur Organisasi PB PMII sayaberupaya untuk merealisasikan visi misi besar tersebut. AdanyaGrand Opening dan Digital Talks ini, saya berharap dan mendorong kepada kader-kader PMII se-Indonesia agar memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memajukanorganisasi. Selain itu, mulai hari ini kita akan terapkan pengajuanSurat Keputusan secara online melalui E-PMII kepada seluruhPengurus Koordinator Cabang dan Pengurus Cabang se-Indonesia. Kita akan kembangkan terus sistem E-PMII ini untuk sampaitingkat Komisariat dan Rayon, dan terus mensosialisasikan tata cara bagaimana mengoperasikan E-PMII” jelas Muhammad Abdullah Syukri Ketua Umum PB PMII.

Baca Juga :   Motor Dibawa Kabur Teman Sendiri,Tersangka Diamankan Tim Resmob Polres OKUT

E-PMII adalah instrumen paling sahih untuk memacudigitalisasi dan kemajuan kelembagaan PMII. Platform digital E-PMII hadir untuk memfasilitasi kebutuhan setiap kader PMII dalam hal sharing knowledge, ideologisasi, administrasi organisasihingga kebutuhan untuk peningkatan kapasitas diri. Mari kitasambut era digitalisasi di PMII dengan menjalankan E-PMII. Iniadalah era kemajuan di PMII menuju PMII Maju dan Mendunia,” ujar Ketum ABE.

Opening E-PMII akan dilaksanakan dan dikemas dalambingkai kegiatan Grand Opening E-PMII & Digital Talks yang telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 18 september 2021 pukul 13.00 WIB s/d selesai. Event ini dilaksanakan secara Hybridyaitu sebagian peserta di Hotel Acacia-Jakarta Pusat (dengan tetapmengikuti protokol kesehatan) dan sebagian melalui platform Zoom Meeting juga akan disiarkan secara livestreaming dalamplatform media sosial resmi PB. PMII. Peserta kegiatan ini terdiridari para pengurus Bidang Penataan Aparatur Organisasi PB. PMII dan perwakilan seluruh PKC & PC se-Indonesia.

Baca Juga :   Pasien Terkonfirmasi Positif Covid di Sumsel Bertambah 5 Orang

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu M. Rohim Hidayatullahselaku Ketua Bidang Aparatur Penataan Organisasi PB. PMII, Samuel Abrijani Pangarepan selaku Dirjen Aptika Kemenkominfo, dan M. Abdullah Syukri selaku Ketua Umum PB. PMII. Hadir juga beberapa narasumber Digital Talks diantaranya Ruzi Setiawan sebagai Wasekjend PB. PMII, Muhammad Aristian selakuRegional Manager WQA Asia Pasific, Rinaldy. S.Sos., M.T.I selaku Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, dan Yosi Mokaluselaku Ketua Siber Kreasi. (Rl)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button