Griya Literasi
Pemkot

Dian Sastrowardoyo: Cerita di Balik Nama Panjangnya dan Kisah Mengagumkan di Balik Arca Prajnaparamita

Minggu, 9 Jun 2024 13:04 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Dikenal sebagai salah satu ikon perfilman Indonesia melalui karakter Rangga dalam film legendaris “Ada Apa dengan Cinta?”, Dian Sastrowardoyo memiliki nama panjang yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. nama lengkapnya adalah Dian Paramita Sastrowardoyo. Namun, di balik panjangnya nama tersebut, tersimpan sebuah cerita menarik yang diungkap oleh Dian sendiri dalam unggahannya di Instagram pada Selasa (4/6/2024) lalu.

Dalam unggahan tersebut, Dian membagikan momen ketika ia memperhatikan Arca Prajnaparamita di Museum Nasional Indonesia. nama tengahnya, “Paramita,” ternyata memiliki makna yang dalam. Diberikan oleh sang ayah yang seorang Buddhis, nama tersebut memiliki arti “kebijaksanaan tertinggi.”

“Memandangi sang dewi Prajna Paramita. Bapakku yang Bhuddist, ngasih nama tengahku dari dewi ini. Artinya kebijaksanaan tertinggi. (No pressure at all btw lho, Pak 🤪😜),” ungkap Dian Sastrowardoyo.

Dalam momen tersebut, Dian merasa terkesan dengan kecantikan Arca Prajnaparamita, yang diyakininya memiliki aura yang luar biasa. Ia bahkan menyinggung kesamaan kecantikan arca ini dengan legenda Ken Dedes, ibu dari hampir semua raja besar di Nusantara menurut cerita.

“Gossipnya, arca ini cantiknya kayak cantiknya Ken Dedes- yang konon merupakan ibu dari hampir semua raja2 besar di Nusantara ini,” tutur Dian.

Tak hanya itu, Dian juga mengingat komik karya R.A Kosasih yang ia baca semasa kecil, yang mengisahkan bahwa Ken Dedes adalah perwujudan dari Prajna Paramita, dan siapa pun yang menjadi suaminya akan menjadi raja.

Arca Prajnaparamita sendiri menggambarkan sosok Sri Rajapatni Gayatri, salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit. Sikapnya yang bersemedi dengan sikap tangan memutar roda dharma di atas teratai, serta pakaian dan perhiasannya yang mewah, memancarkan aura ketenangan dan kedamaian, yang menggambarkan sosok dewi kebijaksanaan tertinggi.

Dengan demikian, nama panjang Dian Paramita Sastrowardoyo bukan sekadar rangkaian kata, melainkan juga memuat makna yang mendalam dan menghubungkannya dengan sejarah dan kearifan Nusantara.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode