Griya Literasi
Pemkot

Dinobatkan Sebagai Sahabat Pers, Mantan Bupati Lahat Cik Ujang Bersama Istri Lidyawati Raih Award HPN PWI Sumsel

Senin, 10 Jun 2024 16:50 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Mantan Bupati Lahat H Cik Ujang SH bersama istri Hj Lidyawati SHut MM dinobatkan sebagai Sahabat Pers tahun 2024, pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) ke 78 tahun 2024 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan, di Griya Agung Palembang.

Award yang diterima Bupati Lahat periode 2018-2023 diwakili Rusdi Hartono Somad dan Ketua TP PKK Kabupaten Lahat periode 2018-2023 diwakili oleh Hartono.

Selama masa kepemimpinannya tahun 2018-2023, H Cik Ujang SH dikenal luas karena dukungannya yang tak kenal lelah terhadap pers lokal. Di bawah kepemimpinannya, berbagai inisiatif telah diluncurkan untuk meningkatkan kualitas jurnalisme dan menyediakan platform yang aman dan mendukung bagi para wartawan.

Sedangkan, istrinya yaitu Lidyawati yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Lahat saat itu, tak hanya akrab dikalangan masyarakat tapi juga para jurnalis. Melalui berbagai program yang dicanangkannya dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lahat, khususnya kaum perempuan dan anak-anak. Dukungan beliau terhadap pers dianggap sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa informasi yang benar dan akurat dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kami sangat menghargai kontribusi dan perhatian yang diberikan oleh Bupati Lahat periode 2018-2023 Bapak Cik Ujang dan Ketua TP PKK Lahat Ibu Lidyawati selama menjabat,” kata Ketua PWI Sumsel Kurnaidi ST, Senin (10/6/2024).

Award yang diberikan telah menunjukkan bahwa pasangan suami istri itu juga konsisten dalam menjunjung komitmennya mendukung berbagai inisiatif yang dilakukan oleh PWI Sumsel untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pers di daerah ini. Langkah-langkah dan kebijakan yang telah diambilnya selama menjabat sebagai Bupati Lahat diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi warisan berharga bagi generasi penerus.

“Oleh karena itu, kami merasa beliau sangat layak menerima Penghargaan Sahabat Pers. Dukungan Cik Ujang bukan hanya sekadar materi, tetapi juga dalam bentuk kebijakan yang pro-jurnalis dan suasana kerja yang kondusif,” tambah Kurnaidi.

Sementara H Cik Ujang SH melalui Rusdi Hartono Somad mengatakan, Cik Ujang juga aktif dalam mendukung pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi wartawan lokal. Berbagai workshop, seminar, dan pelatihan telah diadakan untuk meningkatkan profesionalisme dan keterampilan para jurnalis. “Kami ingin memastikan bahwa wartawan di Lahat memiliki kemampuan yang setara dengan standar nasional dan internasional,” jelas Rusdi didampingi Hartono.

Ditambahkannya, meskipun seorang perempuan namun dalam menunjukkan kapasitan dan elektabilitas, preman tidak kalah dengan laki-laki. Hj Lidyawati Cik Ujang telah menunjukkan selama nahkodai TP PKK Lahat, bahwa peran seorang pemimpin tidak hanya terbatas pada pelaksanaan tugas-tugas formal, tetapi juga meliputi dukungan terhadap berbagai elemen masyarakat yang berkontribusi dalam pembangunan daerah, termasuk dunia pers.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat menginspirasi para pemimpin daerah lainnya untuk lebih mendukung kebebasan pers dan memberikan perhatian yang lebih besar kepada perkembangan jurnalisme. Juga motivasi bagi pemimpin lain untuk selalu mendukung pers yang bebas dan profesional,” tutupnya.(via)

Laporan: Via Arzani
Editor: umi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode