Griya Literasi
Pemkot

DPRD OKU Selatan Bakal Bentuk Pansus, KPU: Itu Hak Mereka

Senin, 10 Jun 2024 22:14 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – DPRD Kabupaten OKU Selatan berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyelidiki dugaan pelanggaran dan kecurangan dalam proses perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Selatan. Isu ini mencuat di tengah masyarakat dan menjadi viral di media sosial, terutama menjelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan tahun 2024.

Ketua Komisi I DPRD OKU Selatan, Pulung, mengonfirmasi rencana pembentukan Pansus ini setelah Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPU OKU Selatan, Senin (10/6/2024). Pulung menegaskan bahwa pembentukan Pansus diperlukan untuk mengklarifikasi berbagai dugaan pelanggaran yang menjadi perhatian masyarakat dan mahasiswa yang beberapa hari lalu melakukan aksi demonstrasi di kantor DPRD OKU Selatan.

“Rencana pembentukan Pansus ini muncul setelah kami beberapa kali mengundang seluruh Komisioner KPU OKU Selatan untuk RDP di gedung DPRD guna mengklarifikasi dugaan pelanggaran dalam perekrutan PPK dan PPS. Dalam undangan pertama, seluruh komisioner tidak hadir karena ada kegiatan di luar daerah. Undangan kedua, hanya tiga dari lima komisioner yang hadir, sehingga RDP ditunda dan dijadwalkan ulang hari ini. Namun, dalam RDP hari ini, hanya dua komisioner yang hadir, dan hal ini belum cukup untuk menyelesaikan permasalahan. Maka, keputusan dari RDP hari ini adalah DPRD OKU Selatan akan membentuk Pansus,” ujar Pulung tegas.

Sementara itu, Ketua KPU OKU Selatan, Doni Yansen, melalui anggota KPU OKU Selatan Divisi Hukum, Arip, menyatakan bahwa pembentukan Pansus oleh DPRD adalah hak prerogatif lembaga legislatif. “Jika DPRD ingin membentuk Pansus, itu adalah hak mereka. Kami dari KPU OKU Selatan akan mengikuti prosesnya ke depan seperti apa,” ungkap Arip.

Pembentukan Pansus oleh DPRD OKU Selatan tidak lepas dari desakan masyarakat dan mahasiswa yang merasa adanya ketidakberesan dalam proses perekrutan PPK dan PPS oleh KPU. Beberapa waktu lalu, mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan kantor DPRD OKU Selatan, menuntut agar lembaga legislatif tersebut segera memanggil komisioner KPU untuk memberikan klarifikasi.

Selain itu, isu ini semakin mengemuka setelah beredar di media sosial, menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Menurut Pulung, RDP yang digelar hari ini diharapkan bisa memberikan titik terang, namun karena hanya ada dua orang dari seluruh komisioner yang hadir, keputusan untuk membentuk Pansus menjadi langkah yang diambil oleh DPRD.

“Pembentukan Pansus ini bukan tanpa alasan. Kami perlu memastikan bahwa proses perekrutan PPK dan PPS berjalan sesuai dengan aturan dan tidak ada pelanggaran yang terjadi. Kami akan bekerja transparan dan profesional dalam menyelidiki isu ini,” tambah Pulung.

Dengan terbentuknya Pansus, diharapkan penyelidikan bisa berjalan secara menyeluruh dan transparan, serta mampu memberikan jawaban yang jelas kepada masyarakat mengenai dugaan pelanggaran yang terjadi. Pansus akan bekerja dengan memanggil saksi-saksi, mengumpulkan bukti-bukti, dan melakukan investigasi lapangan jika diperlukan.

“Kami berharap dengan adanya Pansus, isu ini bisa segera diselesaikan dan masyarakat mendapatkan kejelasan. Kami juga berharap KPU OKU Selatan dapat bekerja sama dengan baik dalam proses ini,” ujar Pulung.

Dari pihak KPU OKU Selatan, Arip menegaskan komitmen lembaganya untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan. “Jika ingin membentuk Pansus itu adalah hak mereka (Anggota DPRD)ya. Tentunya dalam ini ini kami dari KPU OKU Selatan akan mengikuti saja prosesnya kedepan seperti apa,” tambahnya. (DK)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode