Griya Literasi
Pemkot

Dua Saksi Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Penambangan Batubara di Sumsel

Senin, 10 Jun 2024 23:02 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Dua saksi atas nama LP, Kasi Pengawasan Teknis pada Dinas Pertambangan dan Energi 2010-2013, dan SP, HSE pada PT ABS 2011-2014, diperiksa oleh tim penyidik Pidsus Kejati Sumsel terkait kasus dugaan korupsi aktivitas penambangan batubara.

Pada Senin, 10 Juni 2024, tim penyidik memeriksa dua orang saksi terkait kasus dugaan korupsi tersebut. Kasi Penkum Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari SH MH, membenarkan informasi ini dan menjelaskan bahwa kedua saksi memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa sejak pukul 10 pagi hingga sore hari.

“Kedua saksi diperiksa berinisial LP dan SP. LP adalah Kasi Pengawasan Teknis pada Dinas Pertambangan dan Energi 2010-2013, sedangkan SP merupakan HSE pada PT ABS 2011-2014,” tegas Vanny pada Senin (10/6/2024).

Menurut Vanny, dalam pemeriksaan tersebut, kedua saksi diajukan sekitar 20 pertanyaan oleh penyidik. “Saksi diperiksa dari jam 10 pagi sampai sore dan diajukan sebanyak kurang lebih 20 pertanyaan,” jelasnya.

Kejati Sumsel kini telah menaikkan status penyelidikan dugaan kasus korupsi aktivitas penambangan jenis batu bara ke tahap penyidikan. “Untuk perkara dugaan kasus korupsi aktivitas penambangan jenis batu bara sudah naik statusnya dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” tegas Vanny.

Lebih lanjut, Vanny mengungkapkan bahwa Tim Jaksa Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Sumsel sedang melakukan ekspos dengan BPK RI Pusat pada hari yang sama. “Jadi Tim Jaksa Penyidik Kejati Sumsel sedang ekspos dengan BPK Pusat,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan naiknya status perkara ke tahap penyidikan, agenda pemanggilan dan pemeriksaan saksi akan segera dilakukan oleh Tim Jaksa Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Sumsel. “Kedepannya para saksi segera dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Selain itu, Vanny menjelaskan bahwa sejumlah kegiatan penyidikan lainnya juga akan segera dilaksanakan oleh Kejati Sumsel. “Untuk perkembangannya nanti akan kami informasikan lagi kepada rekan-rekan media,” tutupnya. (DN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode