Griya Literasi
Pemkot

Efek Samping dan Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun: Perlu Diwaspadai

Senin, 13 Mei 2024 15:32 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Meski dikenal memiliki manfaat herbal yang kaya, Rebusan Daun Sukun ternyata juga membawa sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai. Meskipun dipercaya dalam pengobatan tradisional, efek sampingnya dapat mempengaruhi Kesehatan tubuh secara negatif.

Bahaya-bahaya Minum Rebusan Daun Sukun yang Perlu Diperhatikan:

  1. gangguan ginjal: Kandungan potasium yang tinggi dalam Daun Sukun bisa menjadi ancaman bagi Kesehatan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Kadar kalium yang berlebihan dapat mengganggu fungsi ginjal secara bertahap.
  2. tekanan darah Menurun: Konsumsi berlebihan dari Rebusan Daun Sukun bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, terutama jika tubuh kekurangan zat besi.
  3. Radang Mulut atau Sariawan: Beberapa senyawa dalam Daun Sukun dapat menyebabkan iritasi pada dinding mulut, mengakibatkan sariawan atau Radang Mulut.
  4. Radang Usus: Konsumsi berlebihan dapat memicu radang usus, menyebabkan luka pada dinding dan saluran usus.
  5. Sembelit: Rebusan Daun Sukun dalam jumlah berlebihan atau saat perut kosong dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan Sembelit.
  6. Reaksi Alergi: Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi, seperti ruam kemerahan dan rasa gatal, jika mengonsumsi Rebusan Daun Sukun dalam dosis yang tidak tepat.

Penting untuk memperhatikan cara penggunaan dan dosis yang tepat saat mengonsumsi tanaman herbal, termasuk Daun Sukun. Sebelum menggunakan tanaman herbal untuk pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli atau dokter untuk menghindari risiko efek samping yang tidak diinginkan.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode