Himbauan Vaksin Booster

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Himbauan Pemkab Muba Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan
Financial TechnologyHeadline

Ekonomi Indonesia 2019 Tumbuh 5,08 Persen

Sumsel Independen- Pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2019 diprediksi berada level 5,08 persen. Angka tersebut jauh di bawah target APBN sebesar 5,3 persen yang dikoreksi kembali pada Juli. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan total pertumbuhan tahun 2019 dibulatkan satu digit 5,1 persen atau 5,08 persen. β€œItu adalah forecasting berarti outlook 5,2 persen masih kami taruh di sana tapi internal kita lihat di 5,08 persen,” kata Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (29/8) seperti dilansir dari liputan6.com.

Ia menjelaskan, hal tersebut karena faktor-faktor pendorong ekonomi pada semester II/2019 diperkirakan akan melambat jauh dibanding realisasi yang terjadi pada semester I/2019.Β Dari sisi konsumsi, pada semester II/2019 diperkirakan hanya berada dikisaran bawah lima persen yakni 4,97 persen.

Angka tersebut lebih rendah dari kinerja konsumsi masyarakat pada semester I/2019 yang mencapai kisaran 5,3 persen.

Baca Juga :   Satgas TMMD Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2

“Kami harap masih ada akselerasi dari belanja pemerintah untuk belanja modal di beberapa kementerian lambat bahkan baru 34 persen. Belanja barang dan pegawai mungkin enggak masalah, bansos bahkan sudah cujup besar di awal,” ungkapnya.

Dari sisi investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) diharapkannya masih bisa menopang pertumbuhan karena diperkirakan mencapai 5,2 persen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan realisasi investasi pada semester I/2019 yang sebesar 5,02 persen.

Sementara realisasi ekspor, tambah Sri Mulyani, masih akan masuk dalam zona negatif sebagaimana realisasi ekspor pada semester I/2019 yang turun agak dalam, yakni mencapai negatif 20,54 persen.

Hal tersebut disebabkan karena masih belum kondusifnya kondisi perdagangan global akibat semakin intensnya perang perdagangan antara Amerika Serikat dengan China. (Net)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button