Griya Literasi

Gubernur Sumsel Apresiasi UIGM dalam Perencanaan Pembangunan Fakultas Kedokteran

Kamis, 9 Sep 2021 10:18 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Meskipun Pandemi masih menyelimuti dunia pendidikan saat ini, namun berbagai Universitas tetap berlomba-lomba dalam meningkatkan mutu kualitas, khsususnya pendidikan kedokteran. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu Universitas yang ada di kota Palembang, yakni Universitas Indo Global Mandiri (IGM).

Diketahui, UIGM miliki wacana dalam membuka satu Fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh
Rektor Universitas IGM Palembang, Marzuki Alie dalam pembukaan lokakarya pendidikan berkualitas dan terjangkau untuk mencetak tenaga medis yang kreatif, inovatif dan mandiri secara virtual di Griya Agung Palembang, Rabu (09/09).

“Sumsel saat ini ada 1.882 orang dokter melayani 8.5 juta penduduk. Kondisi ini menjadikan kita untuk ikut terjun dalam menyediakan SDM unggul di bidang kesehatan,” kata Marzuki Alie.

Disamapaikannya, bahwa saat ini Provinsi Sumsel dinilai wajib untuk menambah Fakultas Kedokteran guna memenuhi rasio akan kebutuhan dokter di Sumsel.

“Selain masih minim jumlah fakultas kedokteran, biaya pendidikan juga tergolong tinggi. Sehingga sulit untuk dijangkau oleh masyarakat Sumsel,” tuturnya.

Pihaknya juga akan berkomitmen, bahwa Universitas IGM akan hadirkan Fakultas Kedokteran sebagai jawaban dengan penyediaan pendidikan yang bermutu dan berkualitas serta biaya yang terjangkau.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman nampak memberikan apresiasi atas apa yang direncanakan UIGM serta menghimbau perguruan tinggi lainnya yang ada di Sumsel untuk berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas di tengah pandemi Covid-19.

“Kebutuhan dokter di Sumsel masih kurang. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 saat ini. Kualitas tenaga kesehatan harus menjadi perhatian utama,” kata Herman Deru.

Disampaikannya, bahwa saat ini rasio satu dokter berbanding dengan 4 hingga 5 ribu masyarakat yang harus dilayani.

Selain itu, dirinya juga nampak mendukung penuh atas wacana Rektor UIGM, Dr H Marzuki Alie tersebut dengan rencana miliki Fakultas Kedokteran.

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran civitas akademika Universitas UGM untuk terus berlomba dalam mutu dan kualitas pendidikan jika fakultas tersebut berdiri dan beroperasional nanti,” ujarnya.

“Jangan pernah berorientasi dengan jumlah mahasiswa, sehingga melalaikan mutu. Dengan mutu yang baik, dokter-dokter yang dihasilkan dimasa yang akan datang berkesinamungan serta bisa memberikan pelayanan terbaik di lapangan,” tungkasnya. (Ril).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIX
    Majalah Independen Edisi LVIII

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode