Griya Literasi
Pemkot

Guru PJOK Mendominasi Kurangnya Guru ASN di Lahat

Senin, 13 Mei 2024 15:57 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Guru menjadi garda terdepan dan ujung tombak dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun tak bisa dipungkiri juga, bahwa Kekurangan Guru masih menjadi kendala hampir di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Lahat sendiri, juga masih ditemukan Kekurangan Guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP, melalui Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menjelaskan, kekurangan Guru ASN terjadi hampir di seluruh Indonesia, bukan hanya di Lahat saja. Memang ada guru mata pelajaran tertentu yang mendominasi kurangnya Guru ASN di suatu daerah.

“Untuk di Lahat sendiri, kekurangan Guru ASN mayoritas pada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK),” ujarnya, Senin (13/5/2024).

Bukan tanpa alasan, Kekurangan Guru PJOK yang berstatus ASN dikarenakan guru honorer PJOK saat ini tidak sedikit yang hanya lulusan Diploma III. Sedangkan untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengharuskan lulusan Strata I.

“Guru olahraga itu cukup banyak, tapi mereka kebanyakan lulusan D3, sedangkan syarat seleksi ASN ijazah S1. Dan bagi mereka yang sudah memiliki ijazah S1, mereka harus memenuhi kriteria kelulusan ASN tadi,” sampai Erhansyah.

Tahun ini, Disdikbud Lahat kembali usulkan kuota PPPK untuk formasi guru tersebut. Mengingat masih kurangnya guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di sekolah desa khususnya.

“Kami sudah usulkan ke BKPSDM Lahat sebanyak 407 kuota. Ini sisa kekurangan kuota yang sebelum adanya penerimaan PPPK tahun 2021 lalu,” terangnya. (via)

Laporan: Via Arzani
Editor: umi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode