Pendidikan

Hadapi Era 4.0 Melalui Kegiatan Kuliah Umum Fisip Unsri

Sumsel Independen – Dalam dunia jurnalistik saat ini, berbagai tantangan harus dihadapi oleh para jurnalis di era 4.0. Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran selaku pemateri yang sengaja dihadirkan dalam kegiatan Kuliah Umum yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) di Aula lantai empat FISIP Unsri, Kampus Palembang.

Aceng mengungkapkan, ada empat hal yang menjadi tantangan dunia jurnalistik masa kini, yaitu perkembangan teknologi komunikasi, perubahan pola penggunaan media, persaingan dengan media sosial serta berubahnya khalayak media.

Menurutnya, dalam menghadapi hal tersebut, media massa diharapkan dapat melakukan perubahan, diantaranya yaitu penyesuaian konten media dengan karakteristik khalayak serta perubahan sosial yang tengah berlangsung.

“Penyajian media massa harus lebih menarik dengan menerapkan jurnalisme visual, melakukan konvergensi media atau multi-platform baik untuk konten maupun iklan. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) media massa dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan abad ke-21 (21st Century Skill) yang memiliki kemampuan 4C yaitu Creativity (kreatifitas), Critical Thinking (berpikir kritis), Communication Skill (kemampuan berkomunikasi), dan Colaboration (kolaborasi),” paparnya, Kamis (10/10).

Baca Juga :   PWNU Sumsel Hadiri Langsung Pemakaman Gus Solah

Sementara, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsri, Dr. Andries Lionardo mengatakan, bahwa kegiatan yang sengaja diadakan pihaknya tersebut dalam rangka pengembangan kualitas jurusan acara kuliah umum.

“Hari ini adalah agenda kuliah yg pertama dari total 6 kegiatan akademik jurusan semester ganjil 2019 ini, antara lain Kuliah Umum Bapak Edy Koko (Praktisi media radio nasional), Dr. Ebrahim Panah dari Republik Iran, dan ada tiga pelatihan jurnalistik TV, jurnalistik Radio dan Kehumasan,” ujarnya.

Dikatakannya, melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa khususnya mashasiswa Komunikasi Unsri. “Kita berharap mahasiswa Komunikasi Unsri kedepan bisa bersaing di kancah Nasional hingga Internasional,” tutupnya. (wRc)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button