Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Politik

Ini Alasan Nama Ahmad Rizwan Disebut Miliki Peluang Besar Jabat Pjs Bupati Muba

Sumsel Independen – Pengamat Politik sekaligus Desen di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang, Ade Indra Caniago menyebut nama H. Achmad Rizwan yang dinilainya berpeluang besar dalam jabatan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Musi Banyuasin (Muba).

Diketahui, bahwa masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022 Kabupaten Musi Banyuasin akan berakhir pada 22 Mei mendatang. Untuk mengisi kekosongan jabatan hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati definitif pada 2024 mendatang, maka akan ditunjuk Pjs Bupati Muba.

Sementara, terdapat 3 nama yang telah diusulkan Gubernur Sumsel ke Kemendagri untuk berpeluang menjadi PJ, salah satunya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H. Achmad Rizwan.

“Ya sangat berpeluang pak Rizwan karena pernah menjadi kepala Dinas juga di Pemkab Muba,” kata Pengamat Politik dosen Stisipol Candradimuka Palembang, yang saat ini tercatat sebagai Mahasiswa Pasca Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia, Ade Indra Caniago kepada awak media,  Jumat (13/5).

Bukan hanya di Pemkab Muba, namun karir Rizwan juga mentereng di Pemprov karena menjabat kepala Dinas Kominfo Sumsel.

Baca Juga :   Masyarakat Terdampak PPKM Mikro Dinilai Butuh Bantuan Pemerintah

“Dan beliau sebagai putra daerah, sangat paham kondisi di Muba dan peta wilayah Muba. Sangat tepat jika Kemendagri memutuskan nama beliau,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, MT, M .I.Kom Pol mengatakan, bahwa 3 nama yang muncul di media dan saat ini adalah Ahmad Rizwan (Kadis Kominfo),  Hj Nora (Kepala BKD) dan Agus darwa (Kadis Perkebunan). Namun demikian, Gubernur  Herman Deru belum mengatakan siapa saja nama-nama yang diusulkan ke Mendagri  untuk menjabat  Pj Bupati Muba yang  selama dua setengah tahun tersebut.

“LKPI juga waktu survei bulan April 2022  di Muba memasukkan pertanyaan seputar Penjabat (PJ) untuk Kabupaten Muba 2022. Data diperoleh adalah  respnden yang menjawab bahwa masyarakat menginginkan PJ Bupati Muba  adalah putra daerah atau pernah mengabdi di kabupaten Muba, peduli terhadap kemajuan Muba dan mampu menyelesaikan  permasalahan serta membawa Muba lebih baik lagi sebesar 62,8 %,” kata Arianto.

Baca Juga :   Dibuka Ishak Mekki, 122 Pendekar Ramaikan Tarung Silat Pesantren Aulia Cendikia

Sedangkan  responden yang menjawab tidak mempermasalahkan putra daerah atau pernah mengabdi di kabupaten Muba tetapi  peduli terhadap kemajuan Muba dan mampu menyelesaikan  permasalahan serta membawa Muba lebih baik lagi sebesar 30,5 %. Sementara responden yang tidak menjawab atau rahasia 6,7 %.

“Kalau saya baca di media, ada tiga nama calon Pj (Ahmad Rizwan, Hj Nora dan Agus darwa). Ketiganya memiliki kapabilitas, integritas,  kompetensi dan jam terbang bekerja  yang sudah tidak diragukan lagi. Namun demkian, dari tiga nama-nama yang beredar untuk menjabat Pj Bupati Muba tersebut bukan tidak mungkin nanti ada saja di luar nama-nama yang beredar di kawan-kawan media dan menjadi Pj Bupati Muba,” ujar dia.

Hingga saat ini Gubernur Herman Deru belum secara lugas mengatakan  siapa tiga nama yang diusulkan ke Mendagri meskipun sudah diusulkan beliau.

“Kemungkinan tanggal 20-21 Mei nama PJ Muba sudah diketahui,” ungkap pimpinan lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini dengan lantang.

Baca Juga :   Ramlan Holdan Terima Penghargaan Kategori Leadership dan Legislator

Ditambahkan lelaki yang gemar memakai baju batik ini, siapa saja yang akan menjadi Pj di Kabupaten Muba mendatang  masyarakat Muba sangat mengharapkan seorang Pj Bupati  tidak hanya mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi di Muba. Namun yang lebih penting adalah  mau menyelesaikan permasalahan di Muba  dengan cepat karena masyarakat Muba menginginkan kedepan kabupaten yang kaya dengan  sumber daya alam dengan APBD yang mencapi 4 triliun lebih tersebut bisa bangkit kembali.

“Yang penting adalah, seorang PJ Muba mendatang ada keinginan yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Muba, bukan hanya sekedar mengetahui saja permasalahan di Muba tanpa mau menyelesaikannya. Istilahnya adalah naluri empati seorang Pj untuk membangun Muba harus tertanam di seorang Pj nantinya.  Saya yakin, Gubernur Sumsel sudah mengantongi nama- ama Pj Bupati  Muba dan semoga Pj  Bupati terpilih   sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat Muba,” tungkasnya. (Ril)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button