HeadlinePolitik

Ishak Mekki Sosialisasi Empat Pilar

Sumsel Independen – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Fraksi Demokrat, Ir.H. Ishak Mekki, MM secara rutin melaksanakan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang termaktub dalam Empat Pilar Kebangsaan di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel). Kali ini, sosialisasi menyasar warga di kawasan Maskarebet, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang, Selasa (9/1-2021).

Di hadapan para tokoh masyarakat dan pemuda setempat, mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini memaparkan pentingnya penerapan 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika tersebut merupakan pedoman untuk membangun karakter bangsa.

Oleh sebab itu menurutnya, sosialisasi dan penerapan pilar-pilar kebangsaan harus terus dilakukan agar pengaruh-pengaruh buruk dari luar dapat dihalau. Terutama pengaruh-pengaruh yang menyebabkan timbulnya radikalisme dan terorisme.

“Jika nilai-nilai kebangsaan telah diajarkan secara rutin dan terus menerus, maka aliran-aliran sesat dari luar itu tidak bisa masuk, karena keempat pilar ini selain fondasi juga merupakan filter diri bagi masyarakat Indonesia,” kata pria yang juga pernah menjabat Bupati OKI dua periode itu.

Baca Juga :   UIN Raden Fatah Palembang dan RMI NU Sumsel Tandatangani MOU

Ishak menegaskan, selain menahan pengaruh buruk dari luar, keempat pilar kebangsaan pun berfungsi sebagai pedoman bagi warga negara dalam bertindak. Jika pilar-pilar ini diimplementasikan, maka Indonesia akan menjadi negara yang damai dan makmur.

Oleh karenanya, ia berharap kepadaa para tokoh dan generasi muda Indonesia di mana pun berada untuk turut menyerbarluaskan nilai-nilai luhur kebangsaan ini agar sosialisasi tersebut bisaberlangsung secara masif.

Sosialisasi yang berlangsung khidmat itu, diakhiri dengan dialog dan tanya jawab peserta kepada narasumber, Ishak Mekki yang juga sebagai Anggota Komisi V DPR RI. Acara yang berlangsung di tengah suasana pandemi covid 19, tetap mematuhi protokol kesehatan. (Ril/Al)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button