Griya Literasi
Pemkot

Jaga Kebugaran, Jemaah Haji Sumsel Diimbau Utamakan Amalan Sunnah Ramah Kesehatan

Rabu, 29 Mei 2024 14:22 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil mengimbau Jemaah Haji Embarkasi Palembang untuk mengutamakan Amalan sunnah yang ramah Kesehatan. Jemaah Haji diminta mengurangi Amalan sunnah yang dapat menguras fisik seperti umrah sunnah berulang dan ziarah Mekkah sekitarnya. Ini penting agar kondisi fisik dan Kesehatan Jemaah terjaga hingga puncak Haji mendatang.

Demikian dikatakan Armet saat melepas 446 Jemaah Haji kloter 13 asal Palembang dan Prabumulih di Aula Asrama Haji Sumsel, Selasa (28/05/2024) malam.

“Tujuan utama berangkat ke Tanah Suci adalah untuk ibadah Haji. Ibadah Haji butuh ketahanan fisik yang kuat. Bapak ibu mesti menyesuaikan ibadah sunnah agar tidak kelelahan, terutama menjelang puncak ibadah Haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Kami tidak melarang bapak ibu melaksanakan ibadah sunnah, namun tolong dijaga agar jangan sampai kelelahan,” ujar Armet.

“Perbanyaklah ibadah sunnah yang ramah Kesehatan seperti shalat sunnah di masjid sekitar hotel, i’tikaf di masjid sekitar hotel, tilawah al Quran, serta perbanyak infaq dan sedekah,” tambah Armet.

Armet juga meminta Jemaah Haji kloter 13 untuk tidak lupa berniat ihram dan menjaga ihramnya. “Tolong jaga pakaian ihramnya jangan sampai kotor atau terkena najis. Kebersihan dan kesucian pakaian ihram bagian daripada kesempurnaan umrah wajib yang nanti bapak ibu laksanakan. Selain itu, dokumen hajinya juga tolong dijaga. Pastikan paspornya disimpan di tas dokumen. Kami ingatkan kembali mohon dokumen dijaga, tas dokumen jangan sampai terpisah dengan bapak dan ibu, baik ketua regu dan ketua rombongan tolong saling mengingatkan,” pesan Armet.

Kloter 13 sendiri dijadwalkan bertolak dari Palembang menuju Jeddah pada Rabu (29/05/2024), pukul 01.35 dinihari WIB. Dengan keberangkatan kloter 13, Embarkasi Palembang total telah memberangkatkan 5.830 Jemaah dengan rincian 4.656 dari Sumsel, 1.109 dari Bangka Belitung, dan 65 petugas kloter. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode