Griya Literasi
Pemkot

Jembatan Gantung Desa Lubar OKU Selatan Perlu di Rehab, Total Kondisinya Memprihatinkan

Senin, 29 Apr 2024 07:54 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kondisi Jembatan Gantung Desa Lubar, Kecamatan Simpang Kabupaten OKU Selatan, saat ini menunjukkan tahap kekhawatiran cukup serius.

Bagaimana tidak kondisi Jembatan gantung Desa Lubar lantai papannya telah banyak mengalami kerusakan akibat lapuk dimakan usia, sebagian mengalami patah bahkan ada juga yang telah terlepas.

Keadaan ini jika terus dibiarkan akan berdampak kurang baik terutama terhadap keselamatan para pengguna Jembatan gantung yang ada di setempat.

Terutama saat kondisi air sungai sedang pasang tentunya menghadirkan kengerian tersendiri ketika di lewati oleh para warga atau pengendara motor. Seperti berdasarkan Pantauan wartawan Sumsel Independen, Minggu ( 28/4/2024).

Jembatan gantung Desa Lubar termasuk akses utama bagi warga Desa Lubar dan sekitarnya yang akan pergi ke kebun atau menuju ke wilayah dusun Trans Lubar.

Anak anak sekolah juga khususnya yang tinggal di dusun Trans Lubar cukup banyak yang memanfaatkan Jembatan Gantung Desa Lubar untuk akses pulang pergi ke Sekolah guna menuntut ilmu yang ada di sekitar wilayah pusat desa.

Jon, salah satu pelintas mengatakan, kerusakan lantai Jembatan gantung Desa Lubar sudah mulai terjadi sejak satu bulan ini

“Kadang warga secara swakelola melakukan perbaikan lantai Jembatan dengan cara mengganti papan yang telah rusak atau patah agar Jembatan tetap bisa dilewati,” jelasnya.

Jon mengungkapkan sebagian papan lantai Jembatan gantung saat ini, perbaikannya baru saja dilakukan yaitu tepatnya dua hari yang lalu.

“Makanya masih bisa lewat hari ini, beberapa hari sebelumnya tidak bisa lewat karena banyak papan lantai yang patah atau terlepas,” tambahnya.

Apri warga lainnya berharap akan ada perbaikan total segera dari pemerintah.

“Agar warga saat melintas merasa nyaman tidak takut terjatuh atau mengalami kecelakaan karena lantai Jembatan gantung telah banyak rusak,” ujarnya.

Camat Kecamatan Simpang, Mashur Darori menyampaikan ucapan terimakasih atas informasi dari media ini saat di hubungi dan dikirimi foto Jembatan terkait kondisi Jembatan gantung Desa Lubar yang perlu perbaikan segera

“Terimakasih ya den,” singkatnya setelah menerima informasi dari media ini.

Sementara Kepala Desa Lubar Erni Johan membenarkan terkait kondisi Jembatan Desa Lubar saat ini yang telah cukup banyak mengalami kerusakan saat ini dan perlu perbaikan total

“Jika rehab ringan telah selama ini menjadi agenda. Namun jika untuk rehab berat tentunya memerlukan dana yang besar,” tuturnya.

“Usulkan perbaikan total Jembatan gantung Desa Lubar akan di upayakan pihak Desa Lubar dengan akan mengajukan usulan atau proposal ke Pemkab OKU Selatan,” pungkasnya. (DK)

Laporan: Deni Kemala
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode