Griya Literasi
Pemkot

Kejari Lahat Musnahkan Barang Bukti Inkracht 

Kamis, 16 Mei 2024 14:37 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat musnahkan barang bukti hasil rampasan tidak pidana yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inkracht), di halaman Kantor Kejari Lahat, Kamis (16/05/2024). Pemusnahan barang bukti dan barang rampasan upaya menghindari adanya penyalahgunaan terhadap barang bukti yang tersimpan.

Adapun barang bukti Inkracht yang dimusnahkan berupa, dalam tindak pidana Narkotika 40 (Empat puluh) perkara dengan BB Ganja sebanyak lebih kurang 2779,39 gram. Metamfetamin dengan total 48,85 gram, MDMA 16,282 gram, serta barang bukti lain seperti alat hisap shabu, baju, celana, tas, handphone, timbangan dan barang bukti lainnya.

Sementara dalam tindak pidana terhadap orang dan harta benda sebanyak 10 perkara, barang bukti berupa senjata tajam, baju, celana, tas, flashdisk dan barang bukti lainnya. Untuk tindak pidana terhadap keamanan negara dan ketertiban umum dan TPUL 10 perkara, berupa Senjata Api laras panjang satu pucuk, serta baju, celana, flashdisk serta barang bukti lainnya.

Kajari Lahat Toto Roedianto SSos SH mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan Pemusnahan barang bukti hasil rampasan tindak pidana kejahatan di wilayah hukum Kejari Lahat serta sekaligus lounching kesepakatan antara Kejari Lahat dengan PT POS Indonesia terkait program Anti Boros.

barang bukti yang kita musnahkan hari ini sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, hari ini pula kita penandatanganan program Anti Boros,” sampai Kajari Lahat.

Lanjut Kajari, Program Anti Boros dimaksud guna memberikan pelayanan kepada warga pemilik barang bukti yang wilayahnya jauh dan sulit menjangkau dalam hal pengambilan barang bukti pemilik sah dan tentunya tidak dibebankan biaya alias gratis.

“Kita bersama kantor PT POS Indonesia Cabang Lahat bakal menjangkau dan mengantarkan langsung barang bukti tersebut kepada warga masyarakat, dan pengantar barang bukti tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun,” jelas Kajari. (via)

Laporan: Via
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode