HeadlinePolitik

Ketua DPRD Sumsel Pantau Kesiapan OI Menangani Karhutlah

Sumsel Independen – Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Ogan Ilir, Tanjung Senai, Jum’at (16/4). Kunjungan dalam rangka memonitoring kesiapan OI mengangani kebakaran hutan dan lahat (Karhutlah) tersebut, diterima langsung oleh Bupati Panca Wijaya Akbar SH.

“Kabupaten Ogan Ilir daerah rawan kebakaran hutan, kebun dan lahan tersebar di 8 kecamatan dengan 55 desa,” kata Panca saat rapat.

Dikatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan termasuk pendirian Posko terpadu pemadam kebakaran lahan di empat titik lokasi sentral wiilayah rawan bencana  yaitu Posko Tanjung Raja, Posko Aimpang KTM, Posko Lubuk Keliat dan Posko Induk Indralaya.

“Empat titik ini kami sedang berupaya agar dibuka akses keluar masuk TOL khusus untuk Karhutla saja. Disinilah kami butuh koordinasi dan bantuan kepada Provinsi, termasuk DPRD untuk duduk bersama kepada HK agar diberikan akses,” ungkapnya.

Baca Juga :   Wakil Bupati OKUT Hadiri Bakti Sosial Kodiklat TNI AD Di Desa Tanjung Kemala Barat

Selain itu, Panca juga menjelaskan OI adalah wilayah yang strategis, dilalui 3 Tol. Yakni Tol Palembang Indralaya, Palembang Lampung dan Prabumulih Bengkulu karenanya butuh pergerakan cepat dalam membuka akses dan peluang.

“Kota Indralaya, kami sedang merencanakan dan melobi agar Unsri jalannya bisa diakses sehingga bisa tembus langsung dan menghidupi kota ini, ini juga selain melibatkan Provinsi juga pusat. Jika siap semuanya kamipun siap membebaskan lahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengapresiasi langkap dan kesiapan Pemkab OI. Menurutnya, sebagai kapasitas ketua DPRD Sumsel siap mendukung langkah pencegahan Karhutla di OI ini.

“Kita berharap tamunya (Karhutla) tidak datang, tapi kita sudah siap semuanya. Untuk komunimasi dan koordinasi ke HK dalam rangka mendukung akses 4 posko kita siap, termasuk komunikasi tentang pembukaan akses jalan Unsri agar kota Indralaya lebih hidup lagi,” tukasnya. (AL)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button