Griya Literasi

Konspirasi Politik di Balik Gugatan Terhadap BUMD Musi Rawas

Kamis, 28 Mar 2024 16:53 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Sidang gugatan yang melibatkan Daryadi dan BUMD MURA SEMPURNA PERSERODA terus bergulir di Pengadilan Negeri Lubuk Linggau. Hari ini, dalam sidang ke-10, fokusnya adalah pemeriksaan saksi dari pihak penggugat, Daryadi, yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Dian Burlian, SH., MA.

Dian Burlian menjelaskan bahwa pihak penggugat mempresentasikan lima orang saksi, termasuk tiga staf dari PT. Tapos Andalan Nusantara dan dua sopir yang menyerahkan 18 unit mobil kepada H. Andrianto.

Berdasarkan keterangan saksi, terungkap bahwa 18 unit mobil dump truck yang disewakan sebenarnya adalah milik pribadi Daryadi, bukan milik PT. Tapos Andalan Nusantara. Namun, karena Daryadi adalah direktur dari PT. Tapos Andalan Nusantara, mobil-mobil tersebut juga digunakan oleh perusahaan tersebut.

Keterangan dari staf PT. Tapos Andalan Nusantara menegaskan bahwa 19 unit mobil tersebut merupakan milik Daryadi sebelum perjanjian kerjasama antara perusahaan tersebut dan BUMD. Mobil-mobil tersebut disewakan tanpa menjadi jaminan hutang, namun hingga saat ini belum ada pembayaran yang diterima.

Dalam persidangan, tergugat menyatakan bahwa 18 + 1 unit mobil yang digunakan oleh H. Ismunyahy merupakan jaminan hutang senilai Rp. 5.000.000.000,-. Namun, pihak tergugat kerap menggunakan perkara pidana yang belum memperoleh kekuatan hukum tetap sebagai dasar pembelaan mereka.

Daryadi, saat dihubungi, menyatakan dirinya sebagai korban dari konspirasi politik semata. Dia mengaku bahwa penjualan 23 ram (timbangan sawit) telah dilakukan sesuai dengan surat perjanjian jual beli, namun pembayaran senilai Rp. 5.000.000.000,- belum diterimanya, dan mobil yang disewakannya juga tidak dibayar, bahkan beberapa di antaranya hilang.

Sidang berikutnya dijadwalkan pada hari Rabu, tanggal 2 April 2024, di mana pihak penggugat akan menghadirkan lima saksi terkait kepemilikan 19 unit mobil dan pembayaran sewa yang belum diterima dari PT. MURA SEMPURNA PERSERODA.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode