Griya Literasi
Pemkot

KPU Palembang Resmi Lantik Pantarlih se-Kecamatan Kemuning untuk Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Senin, 24 Jun 2024 18:45 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Dalam rangka memastikan integritas dan akurasi Pemutakhiran Data Pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kecamatan Kemuning. Acara pelantikan yang berlangsung khidmat ini menjadi langkah awal krusial dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Anggota KPU Kota Palembang Divisi Data dan Informasi (Datin), Arman Darmawan, M.Pd, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya peran Pantarlih dalam proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Ia menggarisbawahi bahwa hanya Pantarlih yang berwenang melakukan Coklit demi keabsahan data pemilih.

“Yang mencoklit ialah bapak ibu Pantarlih. Kalau bukan Pantarlih yang mencoklit, hasilnya tidak sah,” ujar Arman di Ballroom Hotel Aston Palembang, Senin, (24/6)

Ia juga menekankan pentingnya memperhatikan detail dalam proses ini agar tidak terjadi kesalahan fatal. Arman menghimbau agar PPS memastikan bahwa pencoklitan benar-benar dilakukan oleh Pantarlih yang ditugaskan.

“Saya pastikan betul, PPS harus memperhatikan bahwa yang mencoklit itu adalah Pantarlih,” tambahnya.

Lebih lanjut, Arman mengingatkan Pantarlih untuk membaca dan menjadikan buku panduan sebagai pedoman dalam memastikan semua prosedur diikuti dengan benar.

“Buku panduan Pantarlih itu harus dibaca sebagai pedoman dalam pencoklitan,” pesannya.

Camat Kemuning, Dr. Amiruddin Sandy, S.STP., M.Si, memberikan apresiasi kepada KPU Kota Palembang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kemuning, dan PPS se-Kecamatan Kemuning atas kelancaran pelantikan ini. Ia menekankan pentingnya tanggung jawab Pantarlih dalam menjalankan tugas Coklit dengan baik dan benar.

“Lakukan tugas Coklit ini dengan baik dan lancar. Usahakan pencoklitan 100 persen lancar. Jangan delegasikan pencoklitan kepada siapapun selain Pantarlih sendiri,” tegas Amiruddin.

Amiruddin juga mengingatkan Pantarlih untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugas Coklit data pemilih, serta segera melaporkan kepada PPS jika ada kendala di lapangan.

“Semoga diberi kelancaran dan hati-hati dalam mencoklit. Jika ada apa-apa di lapangan segera laporkan ke PPS,” harapnya.

Selanjutnya, Amiruddin mendukung penuh Pantarlih agar dapat berkoordinasi dengan lurah masing-masing demi kelancaran proses Pemutakhiran Data Pemilih.

“Silakan Pantarlih berkoordinasi dengan pihak kelurahan. Dengan pelantikan ini, kami berharap tugas-tugas ke depan dapat dijalankan dengan baik dan lancar. Kami akan mendukung bapak ibu dalam mensukseskan Pilkada 2024 tahun ini,” ujarnya.

Ketua PPK Kemuning, Mulyono, juga memberikan arahan senada dalam pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut. Ia menekankan pentingnya dedikasi dan kepatuhan Pantarlih terhadap prosedur yang telah ditetapkan.

“Kami berharap Pantarlih dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan mematuhi semua prosedur yang telah ditetapkan. PPK akan selalu siap mendukung dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan proses ini,” kata Mulyono.

Mulyono juga mengungkapkan kepada wartawan bahwa sebanyak 212 Pantarlih yang tersebar di enam kelurahan se-Kecamatan Kemuning telah dilantik pada hari ini. Ia menegaskan bahwa setiap Pantarlih harus memastikan data yang dikumpulkan benar-benar akurat dan valid.

“Hari ini 212 Pantarlih dilantik. Tanggung jawab kita besar dalam memastikan data pemilih yang sah dan dapat dipercaya. Mari kita bekerja dengan penuh integritas,” pungkasnya.

Acara pelantikan Pantarlih ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Lurah se-Kecamatan Kemuning, Danramil 418-06 Kamboja, Polsek Kemuning, Panwascam Kemuning, serta tamu undangan lainnya. (Cak_In)

Cak_In

Cak_In

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode