Griya Literasi
Pemkot

KPU Perbolehkan Caleg Terpilih Maju Pilkada 2024, Tak Wajib Mundur

Jumat, 10 Mei 2024 14:35 1 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa Anggota Legislatif yang terpilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 tidak dilarang untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun yang sama. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ketua KPU, Hasyim Asyari, yang menanggapi berita-berita yang kurang tepat terkait aturan pencalonan kepala daerah oleh Anggota Legislatif terpilih.

Hasyim menjelaskan bahwa informasi yang beredar mengenai larangan bagi anggota DPR yang terpilih untuk maju dalam Pilkada 2024 kecuali mereka mengundurkan diri dari posisi legislatif mereka adalah tidak benar.

“Kewajiban mengundurkan diri hanya berlaku bagi anggota DPR/DPD/DPRD Prov/Kab/Kota yang menjabat hasil Pemilu 2019 jika mereka tidak mencalonkan diri lagi di Pemilu 2024, atau mencalonkan tapi tidak terpilih. Jadi, yang terpilih di Pemilu 2024, secara hukum, diperbolehkan untuk maju dalam pilkada,” Ujar Hasyim dikutip dari Rmol.id Jum’at (10/5/2024).

KPU menegaskan bahwa regulasi ini telah diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 12/PUU-XXII/2024 yang menguji Pasal 7 ayat (2) huruf s dari UU 10/2016 tentang Pilkada.

“Dalam putusan itu, MK telah jelas mempertimbangkan hak politik setiap individu, yang termasuk hak Anggota Legislatif terpilih untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah,” tukasnya. (Ali/net)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode