Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Sosial Kebudayaan

Kuatkan Sinergitas dan Kolaborasi Melawan Covid-19 dalam Momentum Hari Kesaktian Pancasila

Sumsel Independen – Setelah sempat menggelar diskusi sebelumnya, kali ini diskusi kembali digelar oleh Ruang Gagasan. Dengan bertemakan “Hari Kesaktian Pancasila Momentum Perdamaian Bangsa”, Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober nantinya diharapkan dapat mempererat ikatan persaudaraan di Indonesia.

“Sebagai elemen muda bangsa Indonesia, kami memahami betul, bahwa Ideologi Pancasila merupakan Ideologi yang harus dipertahankan,” kata Founder Ruang Gagasan, Yadi Febri usai kegiatan diskusi yang diadakan di Aula DPD RI Perwakilan Sumsel, Selasa (29/9)

“Dan melalui momentum ini juga, dengan Hari Kesaktian Pancasila kita semakin menguatkan sinergitas dan kolaborasi dalam melawan Covid-19,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Staf Ahli Wali kota Bidang Keuangan Pendapatan Daerah Hukum dan HAM Palembang, Altur Febriansyah SH, MSi, bahwa Pancasila merupakan konsep dasar yang dimilik bangsa ini, untuk mengatasi perbedaan baik itu suku, agama dan ras.

Baca Juga :   Pilkada di Tengah Covid-19, Petugas Diminta Rapit Tes

“Pancasila merupakan berkah yang dimiliki bangsa Indonesia. Saya berharap generasi muda selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas IBA Palembang Dr. Tarech Rasyid, M.Si yang hadir sebagai narasumeber, menilai bahwa Pancasila merupakan konsep Ideologi yang tepat untuk merajut perdamaian di dunia.

“Pancasila membuka ruang berfikir bagaimana membangun bangsa berbasis pada nilai-nilai ketuhanan yang terkandung pada sila pertama, dimana sila pertama mendasari sila kedua, sila ketiga, ke empat dan kelima,” jelasnya.

“Diharapkan nilai Ketuhanan itu menjadi basis dan sebuah jalan mencapai perdamaian dunia,” tandasnya. (Ril)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button