Politik

Kunjungan Dapil, Renny Bantu Bioflok untuk Kelompok Pembudidaya di Banyuasin

Sumsel Independen – Anggota DPR RI DPR RI, Hj Renny Astuti SH SpN berikan bantuan bioflok kepada Kelompok Sumber Harapan Aer Kumbang Banyuasin dari pemerintah pusat melalui kementerian kelautan dan perikanan.

Menurut Renny bantuan tersebut tidak lain agar para nelayan ini dapat mengembangkan usaha budaya ikan yang dipelihara selama ini. “Sangat bermanfaat untuk masyarakat bioflok ini nanti,” kata Renny disela-sela memberikan bantuan secara simbolis dalam rangka kunjungan Dapil, Sabtu (4/9)

Dikatakan Renny, sistem bioflok memiliki sejumlah keunggulan, seperti meningkatkan kelangsungan hidup (survival rate/SR) hingga lebih dari 90 persen dan tanpa pergantian air. Air bekas budidaya juga tidak berbau, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar dan dapat disinergikan dengan budidaya tanaman misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Hal ini dikarenakan adanya mikroorganisme yang mampu mengurai limbah budidaya menjadi pupuk yang menyuburkan tanaman,” ujar politikus Gerindra ini.

Baca Juga :   Muswil ke lV, Ramlan : Jika Diberikan Amanah Kembali Saya Siap

Keunggulan lainnya adalah Feed Conversion Ratio (FCR) atau perbandingan antara berat pakan dengan berat total (biomass) ikan dalam satu siklus periode budidaya mencapai 1,03. Artinya 1,03 kg pakan menghasilkan 1 kilogram ikan Nila.

Dalam kesempatan tersebut Renny secara langsung melakukan dialog dengan masyarakat, hal tersebut untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat, persoalan nantinya akan disampaikan kepada pihak terkait baik itu di pusat, provinsi maupun pemkab kabupaten kota. (Ril)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button