Griya Literasi
Pemkot

Manfaat Luar Biasa dari Putih Telur untuk Diet dan Kesehatan

Senin, 20 Mei 2024 14:43 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Telur sering kali dihindari oleh banyak orang karena dianggap tinggi kolesterol dan lemak. Namun, bagian putih telur sebenarnya kaya manfaat, terutama bagi mereka yang menjalani diet.

Mengonsumsi putih telur dapat memberikan sejumlah manfaat yang luar biasa, seperti yang dijelaskan berikut ini:

1. Tidak Menambah Kolesterol

  • Hampir 50 persen dari kandungan kolesterol dalam telur terdapat pada bagian kuningnya. Oleh karena itu, menghindari kolesterol tetap memungkinkan dengan mengonsumsi bagian putih telur.

2. Sumber Protein Berkualitas

  • putih telur merupakan sumber protein yang baik tanpa lemak. Memasaknya dengan cara merebus merupakan pilihan terbaik untuk memaksimalkan manfaat protein tanpa menambah lemak.

3. rendah kalori

  • Satu butir telur berukuran besar hanya mengandung sekitar 71 kalori, dengan mayoritas kalori terdapat pada kuning telur. Konsumsi hanya putih telur dapat mengurangi asupan kalori hingga hanya sekitar 16 kalori.

4. Antioksidan untuk Kesehatan Mata

  • putih telur kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk Kesehatan mata, membantu melindungi dari katarak dan penurunan fungsi mata karena faktor usia.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

  • Mengonsumsi putih telur membantu mengurangi masalah pada jantung karena kandungan lemak yang rendah, serta melindungi jantung dengan kandungan kalium yang baik.

6. Memberikan Energi dan Membantu Menjaga Berat Badan

  • putih telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti Vitamin A, Folat, dan Vitamin B kompleks yang memberikan energi dan menjaga kenyang, sangat cocok untuk diet.

7. Merawat Kulit Wajah

  • Selain dikonsumsi, putih telur juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang membantu mengencangkan kulit dan mengurangi jerawat.

Meskipun putih telur memiliki banyak manfaat, konsumsilah dengan bijak, terutama bagi yang memiliki alergi terhadap telur. Gejala alergi dapat mencakup gatal-gatal, bercak merah pada kulit, hingga gangguan pencernaan. Pilihlah cara pengolahan yang sehat dan sesuaikan dengan pola makan Anda untuk mendapatkan manfaat optimal dari putih telur.

Dengan manfaatnya yang luar biasa bagi Kesehatan dan diet, tidak ada alasan untuk tidak menyertakan putih telur dalam pola makan sehari-hari. Tetap pantau berat badan dan Kesehatan Anda untuk hasil yang lebih baik.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode