Griya Literasi
Pemkot

Mengembangkan Otonomi Baru menjadi Tantangan bagi Mawardi Yahya

Minggu, 9 Jun 2024 17:22 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pemilihan gubernur dan wakil gubernur merupakan momen penting dalam menjalankan pemerintahan daerah. Di Provinsi Sumatera Selatan, tantangan besar muncul dalam mengembangkan otonomi baru untuk memajukan wilayah ini.Mawardi Yahya dan Anita Noeringhati yang akan maju pilkada Sumsel 2024 membetuk (DOB) Daerah otonom Baru akan menjadi sebuah tantangan. Calon gubernur dan wakil gubernur yang dipilih memiliki peran krusial dalam merancang kebijakan-kebijakan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat Sumsel.

Sumsel memiliki potensi ekonomi dan sumber daya alam yang melimpah, namun masih banyak masalah yang perlu diselesaikan. Infrastruktur yang belum merata, tingkat pengangguran yang tinggi, serta ketimpangan antara kota dan pedesaan menjadi beberapa isu utama yang harus dihadapi. Dalam konteks ini, diperlukan kepemimpinan yang visioner, progresif, dan berorientasi khususnya pada kepentingan rakyat.

Calon gub Mawardi Yahya dan wagub Anita Noeringhati yang akan memimpin Sumsel perlu memiliki visi jangka panjang dalam mengembangkan otonomi baru yang berkelanjutan. Mereka harus mampu merumuskan kebijakan-kebijakan yang membawa perubahan positif bagi masyarakat, termasuk dalam hal pengembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang dimana hal ini masih sangat diperlukan bagi Sumsel.

Pertumbuhan daerah yang tepat untuk dijadikan DOB (Daerah Otonom Baru)yaitu Ogan ilir, Oku Timur, pali, Muratara dan Banyuasin Itu memperlihatkan betul bagaimana DOB itu menjadi salah satu potensi program yang harus diwujudkan untuk mencapai kesejahteraan seperti yang dikatakan konsultan tim MATAHATI, Amrah muslimin SE,M.Si., kamis(6/6/2024)

Pemberdayaan masyarakat juga harus menjadi fokus utama dalam pengembangan otonomi baru. Melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan membangun partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat akan memperkuat legitimasi kebijakan yang diambil dan memastikan bahwa kepentingan masyarakat menjadi prioritas utama pastinya.

salah satu yang menjadikan prioritas utama untuk masyarakat yaitu adanya sebuah ungkapan harapan bagi ir H Mawardi Yahya (Cagub) dan ir H Syahrial Oesman MM (Mantan gub Sumsel) untuk membangun sebuah rumah sakit di daerah sungsang yang dimana didaerah tersebut belum ada Rumah sakit jika terpilih nantinya.

 

“Sungsang karena daerah perairan tentu sulit untuk menjangkau, mencapai rumah sakit terdekat. Wajar dia ingin mendirikan rumah sakit di situ. Karena memang rumah sakit itu akan dijadikan pusat kesehatan bagi masyarakat di perairan,” kata Amrah.

Penulis: Achmad Ramadhan (Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, prodi Ilmu politik)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode