Griya Literasi

Mengenal Lebih Jauh tentang Diare dan Cara Penanganannya

Jumat, 17 Nov 2023 13:00 2 menit membaca
Banner Muba

Sumsel Independen — diare, kondisi yang membuat seseorang buang air besar lebih sering dan fesesnya lebih encer dari biasanya, merupakan masalah Kesehatan umum yang perlu mendapatkan perhatian serius.

melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah informasi terkait diare, mulai dari penyebab hingga pengobatannya.

1. Penyebab diare

diare dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi bakteri seperti Escherichia coli (E.coli) yang umumnya berasal dari makanan terkontaminasi. Virus seperti flu, norovirus, atau rotavirus juga dapat menjadi penyebab diare, terutama pada anak-anak. Selain itu, faktor lain melibatkan parasit, intoleransi makanan, alergi makanan, efek samping obat-obatan tertentu, hingga kondisi medis seperti penyakit Crohn.

2. Gejala diare

Beberapa gejala umum diare meliputi feses lembek dan cair, nyeri perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan haus terus-menerus. Dehidrasi adalah gejala umum yang menyertai diare, terutama pada anak-anak yang dapat ditandai dengan jarang buang air kecil, mulut kering, dan perilaku tidak biasa.

3. Faktor Risiko dan pencegahan

Beberapa faktor risiko diare termasuk kebersihan yang buruk, makanan tidak bersih, dan sumber air yang tidak sehat. pencegahan diare dapat dilakukan dengan mencuci tangan secara teratur, mengonsumsi makanan yang matang sempurna, dan mendapatkan vaksinasi, terutama untuk anak-anak.

4. Diagnosis dan Komplikasi

Dokter dapat mendiagnosis diare melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan tes tambahan seperti pemeriksaan sampel feses. Komplikasi diare melibatkan dehidrasi, sepsis, malnutrisi, dan ketidakseimbangan elektrolit.

5. Pengobatan diare

Pengobatan diare tergantung pada penyebabnya. diare ringan dapat diatasi dengan obat antidiare tanpa resep, sementara kasus kronis memerlukan perhatian medis yang lebih serius, termasuk pemberian antibiotik atau Pengobatan untuk kondisi yang mendasarinya.

Bagi yang mengalami gejala diare yang berlangsung selama beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hernoe
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode