Griya Literasi

Menjaga Kesehatan Penderita Diabetes dengan Memilih Buah yang Tepat

Kamis, 8 Feb 2024 15:16 2 menit membaca

Sumsel Independen — Penderita diabetes sering kali dihadapkan pada dilema dalam memilih makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil.

Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan Nutrisi penting.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah beberapa rekomendasi buah yang baik untuk penderita diabetes:

  1. Jambu Biji: Buah ini kaya akan serat dan antioksidan, membantu menurunkan gula darah, mengurangi kadar kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.
  2. Kiwi: Dengan kandungan air yang tinggi, buah kiwi memiliki dampak glikemik rendah, cocok untuk penderita diabetes, dan memiliki sejumlah manfaat Kesehatan lainnya.
  3. Apel: Apel mengandung serat yang membantu mencegah lonjakan gula darah dan telah terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 menurut sebuah meta-analisis.
  4. Beri: Buah-buahan dari kelompok beri seperti stroberi dan blueberry mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang membantu mengontrol kadar gula darah.
  5. Anggur: Kaya akan serat dan rendah kalori, anggur membantu mengontrol gula darah dengan baik dan menyediakan Nutrisi penting seperti vitamin C dan potasium.
  6. Jeruk: Jeruk utuh menjadi pilihan yang baik karena kandungan seratnya yang tinggi, sementara jus jeruk sebaiknya dibatasi karena tambahan gula.

Setiap penderita diabetes memiliki toleransi yang berbeda terhadap buah-buahan, oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan asupan buah yang sesuai dengan kondisi individu.

Perhatikan juga untuk secara teratur memeriksakan kondisi gula darah dan berdiskusi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pengelolaan yang tepat.

Dengan memilih buah-buahan yang tepat dan mengontrol asupan dengan baik, penderita diabetes dapat menjaga Kesehatan mereka dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode