Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Sosial Kebudayaan

Miliki Ciri Khas Sambal, Kemplang “Lebos” Kerap Terbang ke Luar Kota

Sumsel Independen – Berbagai kuliner kota Palembang sering kali menjadi incaran bagi para pendatang, tidak hanya Pempek, Model atau Tekwan. Selain beberapa makanan tersebut, ada salah satu makanan yang juga menjadi incaran para pendatang ke Palembang, yaitu Kemplang Panggang.

Kemplang Panggang merupakan makanan olahan masyarakat kota Palembang yang berbahan dasar ikan segara dengan pengelolaannya yang dilakukan secara dibakar dengan menggunakan bara arang dengan memiliki citra rasa yang khas, yaitu gurih serta renyah. Seperti Kempang Panggang “Lebos”, yang merupakan usaha milik wanita muda bernama Yuni ini.

Yuni menjelaskan, ada suatu ciri khas yang dimiliki oleh Kemplang Panggang “Lebos” tersebut, yaitu terletak pada sambal pedas yang nikmat dan sesuai untuk lidah para penikmat pedas.

“Yang membedakan Kemplang Lebos ini, terletak di bumbu sambalnya yang membuat mata menjelit serasa ditampol,” kata Owner Muda tersebut kepada Awak Media, Selasa (21/07).

Baca Juga :   Pemkab Muba dan Komisi II DPRD Provinsi Sumsel Kunjungi Pasar Tradisional Randik

“Kenapa saya pilih nama kemplang Lebos, karena sesuai dengan namanya, ketika kita sudah mencicipi sambal ini dijamin mulut kita jadi lebos karena sensasi sambalnya yang sangat pedas, sangat cocok untuk pencinta pedas dijamin pasti ketagihan,” ujarnya.

Yuni juga menyampaikan, Kemplang Lebos yang dapat dijumpai masyarakat di Jalan Angkatan 66 kota Palembang itu juga tidak hanya dinikmati oleh masyarakat kota Palembang saja, namun owner muda tersebut juga kerap kali kualahan ketika Kemplang Lebos banyak menerima orderan dari berbagai daerah di luar kota Palembang.

β€œYa Alhamdulillah, setiap harinya kami selalu mendapat order. Pengiriman juga tidak hanya di kota Palembang saja, kita juga sering kali melakukan pengiriman ke luar, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Sukabumi, Bandung, Medan, Lombok , Aceh, dan masih banyak lagi. banyak yang ngaku suka sama sambal lebos, pedasnya pas,” tuturnya.

Baca Juga :   50 Tahun Tak Layak Huni, Nenek Kalena Ucapkan Terima Kasih Kepada Satgas TMMD

Yuni menjelaskan, bahwa sambal lebos sendiri dikemas dengan kemasan yang aman dan mampu untuk dikirim ke wilayah mana saja. “Tidak perlu khawatir kirim kemana saja dan dibawa kemanapun tetap aman,” jelasnya.

Masih dikatakan Yuni, bagi masyarakat yang ingin mencicipi Kemplang Lebos tersebut bisa langsung melalui akun Instagram @kemplanglebos, shopee, dan gofood.

β€œBuat kalian yang mager keluar rumah, jangan takut, karena kita menyediakan jasa kurir express Palembang hanya cukup bayar Rp 10 ribu pesanan kalian bisa diantar langsung ke rumah,” pungkasnya. (ky)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button