Pemerintah DaerahSosial Kebudayaan

Musda DKP Diharapkan Mampu Lahirkan Pemimpin Yang Berkompeten

Sumsel Independen – Terkait adanya mosi tidak percaya terhadap Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) dalam Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kesenian Palembang (DKP) oleh lima dari delapan calon Ketua DKP yang sudah di sahkan, Dr Erwan Suryanegara M.Sn yang juga merupakan Steering Committee menyampaikan bahwa apa yang menjadi permasalahan telah terselesaikan.

“Tadi saya dan bapak Suparman Romans telah menemui lima dari delapan calon DKP yang menyampaikan mosi tidak percaya untuk berdialog. Disana kita meminta mereka untuk menyampaikan apa yang mereka keluhkan,” kata Erwan saat di konfirmasi via seluler, Senin (04/11).

Dijelaskannya, melalui salah satu perwakilan yaitu M Fitriansyah, terdapat dua poin yang disampaikan, yaitu kriteria pemilik hak suara untuk peserta Musda, serta meminta juga fakta integritas juga dapat diberikan kepada pemilik hak suara selain calon ketua guna pelaksanaan Musda dapat berjalan secara bersih.

Baca Juga :   Gerbong Kepemimpinan KADIN Sumsel Dodi Reza Periode 2020-2025 Resmi Dilantik

“Disana kita jelaskan bahwa sejak awal, penetapan pemilik hak suara telah dilakukan suatu pemetaan melalui peta kesenian di Palembang, melalui peta tersebutlah kita dapatkan memang penggiat-penggiat seni, baik seni musik, teater, sastra, seni rupa serta tari, sehingga muncul daftar nama dari masing-masing komite,” jelasnya.

Ia menuturkan, dari lima cabang seni tersebut, dihasilkan lebih dari 10 orang yang telah dianggap telah memenuhi kriteria.

“Kriteria itu telah kita tetapkan ada empat, yaitu konsistensi dalam berkesenian di Palembang, kemudian minimal dengan rentan waktu selama tujuh tahun, memiliki karya yang telah terpublikasikan, serta melihat peran serta dalam aktivitas kesenian di Palembang,” tuturnya.

Dikatakannya, terkait adanya keterbatasan anggaran dalam kegiatan Musda, dari hasil seluruh pemilik hak suara yang telah terpilih, kemudian dilakukan kembali penyeleksian ulang. “Dari hasil penyeleksian tersebut terpilihlah tujuh orang dari setiap bidang ditambah tiga orang, yaitu dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan serta Dinas Pariwisata,” ujarnya.

Baca Juga :   Hari Bakti PU ke 76, PUPR OKU Timur Gelar Sunat Massal Dan Santunan Anak Yatim-Piatu

Masih dikatakannya, dalam hal tersebut juga sempat terjadi tarik ulur dalam penyeleksian tersebut. Namun, hal tersebut dinilai Erwan merupakan suatu kewajaran suatu pertimbangan dalam menentukan kapasitas seseorang dalam berkesenian.

“Itu kita sampaikan semua dan akhirnya mereka menerima apa yang telah dilakukan SC berdasarkan kriteria penilaian itu. Dan mereka meminta kriteria itu dibuat formal dan diprint out sehingga sah atas kebijakan SC tentang hak suara, dan itu kita penuhi karena maksudnya baik,” katanya.

Sementara untuk poin kedua terkait fakta integritas, dirinya menyampaikan bahwa apa yang diharapkan tersebut juga akan diterima oleh pihaknya. “Mengingat ini juga tidak prinsip dan memang juga bisa dilakukan, akhirnya pihak SC menerima. Dari situ akhirnya sepakat dan clear dengan cara musyawarah mufakat,” ucapnya.

“Yang pasti kita berharap, Musda yang akan dilaksanakan besok dapat berjalan lancar dan kondusif serta dapat menghasilkan ketua terpilih yang memang mempunyai kapasitas dan kopetensi yang layak untuk memimpin DKP lima tahun kedepan, serta bisa menghasilkan program yang sesuai dengan apa yang kita harapkan,” pungkasnya. (wRc)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button