Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

HeadlineKesehatanPemerintah Daerah

Obat Tidak Tersedia, Labkesda OKU Timur Tidak Bisa Layani Periksa Kadar Gula Darah

Sumsel Independen – Akibat tidak tersedianya obat untuk melalukan pemeriksaan kadar gula darah (HbA1c), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) tidak bisa melayani pasien yang hendak melakukan pemeriksaan.

Namun uniknya, obat tersebut justru tersedia di rumah sakit swasta. Salah satu warga Martapura yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya sudah dua tahun ini setiap mau periksa kadar gula darah di Labkesda OKU Timur selalu tidak bisa dilayani karena tidak tersedia bahan/obat untuk periksa HbA1c.

“Menurut keterangan dan penjelasan dari pihak Labkesda OKU Timur obat tersebut tidak tersedia. Sedangkan untuk pengadaan obat pemeriksaan HbA1c dimaksud pengadaannya dari Dinas Kesehatan OKU Timur,” ujarnya.

Dikatakannya, selama dua tahun lebih obat tersebut tetap tidak tersedia di Labkesda OKU Timur. Sedangkan di rumah sakit swasta atau klinik swasta obat dimaksud ada dan tersedia.

“Untuk Labkesda OKU Timur milik pemerintah tidak tersedia. Apakah karena kalau berobat dengan badan milik pemerintah memakai BPJS jadi tidak membayar, atau ada permasalahan lain. Kami minta kepada pemerintah terkait agar menjadi perhatian dan solusinya,” harapnya.

Baca Juga :   Rio Susanto, Refleksi Hari Kartini Dimasa Pandemi 2021

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur, H Zainal Abidin saat dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat tersebut mengatakan, bahwa ketersediaan bahan atau obat untuk pemeriksaan kadar gula darah (HbA1c) di Labkesda OKU Timur sudah dianggarkan.

“Iya mas, semua sudah dimasukkan di revisi anggaran, tinggal nunggu aja dan mudah-mudahan semua bisa teratasi kalau sarana sudah ada,” jawab Zainal saat dikonfirmasi via WA pribadinya. (J)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button