Griya Literasi

Pelantikan Pj Gubernur Sumsel, Ini Profil Agus Fatoni

Senin, 2 Okt 2023 12:13 2 menit membaca
Banner Muba

Sumsel Independen — Pada tanggal 2 Oktober 2023, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara resmi melantik Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Pelantikan ini juga berlangsung serentak dengan pelantikan Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

Proses pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel telah selesai dan menjadi sorotan dalam berita terbaru. Beberapa pejabat tinggi dari Sumatera Selatan turut hadir dalam upacara pelantikan ini.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah kehadiran Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa, yang turut menghadiri acara tersebut. Setelah pelantikan selesai, Ratu Dewa bahkan berfoto bersama dengan Pj Gubernur Agus Fatoni.

“Ya menghadiri pelantikan Pj Gubernur Sumsel pak Agus¬†Fatoni,” kata Dewa.

Ratu Dewa memberikan ucapan selamat kepada Agus Fatoni atas pelantikannya sebagai Pj Gubernur Sumsel. Dia juga menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dan bekerja sama dengan Pj Gubernur Agus Fatoni dalam memajukan Kota Palembang.

Dilansir dari berbagai sumber, Agus Fatoni sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang kuat. Dia adalah putra asli Lampung, lahir di Bahuga, Way Kanan, Lampung, pada tanggal 6 Juni 1972. Masa pendidikan dasar hingga menengah pertamanya dihabiskan di kampung halaman, sementara masa SMA harus ditempuh di Bandar Lampung.

Setelah menyelesaikan SMA, Agus Fatoni melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), yang sekarang dikenal sebagai Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN). Dia lulus dari program D3 di STPDN Jatinangor pada tahun 1994.

Pendidikan sarjana (S1) diambilnya di jurusan Kebijakan Pemerintah di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta, dan dia lulus pada tahun 1999. Agus Fatoni juga meraih gelar magister (S2) dalam Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran pada tahun 2003, dan doktor (S3) dalam Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran pada tahun 2009.

Agus Fatoni juga memiliki pengalaman berkarir dalam dunia birokrasi pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung dari tahun 1995 hingga 1997. Selanjutnya, sebagian besar kariernya dihabiskan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Jabatan terbarunya adalah Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, yang dia emban sejak 12 Maret 2022. Pada tahun 2020, dia juga pernah menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. (pp)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hernoe
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode