Griya Literasi
Pemkot

Pemkab OKU MoU Dengan Kejari OKU, Ini Sejumlah Implementasi Capaiannya

Selasa, 25 Jun 2024 21:06 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan kejaksaan Negeri oku diruang Abdi Praja Pemkab oku pada selasa (25/6/2024) siang.

MoU tentang penanganan hukum Bidang perdata dan tata usaha negara ini dilakukan secara langsung oleh PJ Bupati oku H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bersama Kajari oku Choirun Parapat SH MH.

Hadir dalam kegiatan itu, Kasi Datun Kejari oku Ajie Marta SH MH, Kasi Pidsus Kejari oku Yerry Tri Mulyawan SH MH, Kasi Pidum Kejari oku Oktri Kurniawan SH MH, kasibugbagbin Kejari oku Zul, Kasi PB3R Pajri Aef Sanusi SH MH dan Kasi Intel Kejari oku Hendri Dunan SH MH, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab oku dan tamu undangan lainnya.

“Kami atas nama Pemkab oku mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kejari oku sehingga MoU ini bisa terlaksana kembali untuk penanganan bidang hukum persata dan hukum tata negara,” kata Pj Bupati oku H Teddy Meilwansyah saat meyampaikan sambutannya.

Dikatakan Teddy, MoU ini merupakan pembaharuan dari kesepakatan bersama sebelumnya yang telah berakhir pada 11 April 2024 lalu.

“Diharapkan dengan adanya MoU Ini bisa menjadi Triger bagi OPD dilingkungan Pemkab oku, Ini bukan hanya masalah pendampingan, namun bagaimana bapak dan ibu sekalian bisa menjalankan program dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Teddy sangat mengapresiasi pencapaian yang telah di raih Kejari oku dalam MoU tersebut, diantaranya pengamanan asset milik Pemkab oku seperti TPA Simpang kandis. Kemudian berhasil mengatasi permasalahan tunggakan pelanggan PDAM dan terakhir berhasil mengoptimalisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oku dari sektor pajak.

“Pencapaian ini menjadi kado terindah bagi kami, saya masih ingat dulu ketika Pak Choirun Parapat baru menjabat sebagai Kajari oku beliau sempat menanyakan permasalahan Optimalisasi PAD, bahkan beliau sempat cerita tentang pencapaiannya saat menjabat sebagai Kajari di Aceh. Nah ini bisa kita tiru agar PAD kita ini bisa dioptimalisasikan,” tukasnya.

Teddy mengimbau kepada OPD yang ada di lingkungan Pemkab oku yang memerlukan pendampingan untuk bisa memanfatkan kesempatan ini.

“silahkan jangan ragu, harapan kita dengan adanya MoU ini bisa meberikan dampak positif bagi masyarakat oku,” tandasnya.

Sementara itu Kajari oku Choirun Parapat SH MH menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan Pemkab oku. Dikatakannya MoU ini untuk meningkatkan efektifitas penanganan permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

“Ini adalah perpnajgan MoU yang telah dilaksanakan sebelumnya, semestinya MoU ini telah habis pada bulan April lalu namun karena masalah waktu tentunya kita semua sama-sama mengerti, dan kita bersyukur MoU ini bisa dilaksakan pada hari ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kajari memaparkan sejumlah implementasi MoU antara Pemkab oku dan Kejari oku pada tahun 2023 -2024. Dinataranta Pengamanan asset milik Pemkab oku lahan TPA Simpang Kandis. Kemudian penyelesaian tunggakan pelanggan sebesar Rp 676 Juta lebih.

‘Ini kita turun kelapangan, dan Alhamdulillah berkat kerja keras dari Bidang Datun, dan Jaksa Pengacara Negara (JPN) dibantu semua pihak Alhamdulillah semua berhasil kita laksanakan,” tukasnya.

Selain itu ada beberapa OPD yang juga melakukan MoU pendampingan, diantaranya Dinas Kesehatan dalam Program BOK, Disdik oku dalam kegiatan DAK, RSUD Ibnu Sutowo, Dinsos oku. Kemudian pendampingan optimalisasi PAD oku melalui Dinas Pendatan Daerah dalam pendampingan itu Kajari oku berhasil menyelesaikan tunggakan pajak daerah senilai ratusan juta rupiah. “Kalau kkita maksimalkan tata kelolanya tentunya hasilnya akan baik, dan harapan kita MoU ini bisa menbawa dampak positif untuk peningkatkan kesejahteraan pembangunan bagi masyarakat oku,” tandasnya. (FRA)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode