Himbauan Vaksin Booster

Banner Abdullah Taufik

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Dirgahayu Kabupaten Musi Banyuasin ke 66 Tahun
HeadlineKesehatanPemerintah Daerah

Pemprov Sumsel Serahkan Bantuan PCR Seri Terbaik Dengan Biaya Rp. 3.8 M ke BBLK Kota Palembang 

Sumsel Independen – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR)  kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang. Alat ini nantinya diharapkan dapat membantu para tenaga medis lebih cepat mendapatkan hasil tes swab para pasien.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumsel saat menyerahkan alat PCR kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang,  bertempat di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel Selasa (2/6) Siang.

Herman Deru mengungkapkan, alat ini memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap virus Covid-19 sehingga hasil pemeriksaannya bisa diperoleh dalam jangka waktu yang lebih cepat.

“Inilah yang menunjukan aktif dan agresifnya Pemprov Sumsel, jadi kita ini real time jadi hasilnya bisa langsung beberapa menit atau jam saja bisa,” katanya

Menurutnya, bantuan ini akan sangat membantu Tim Gugus Tugas Covid-Covid- 19 dan tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19. Terlebih, BBLK Kota Palembang menampung setidaknya lima Provinsi.

Baca Juga :   RSUD Martapura Siap Jalin Kerja Sama Dengan RS Siti Fatimah Palembang

“Pemprov Sumsel mengambil langkah dlm hal ini gugus tugas memberikan pada institusinya PCR kepada BBLK dan semoga PCR ini dapat memeriksa secara real time dan lebih banyak lagi, Sumber informasi dari BBLK inilah yang memang menjadi acuan,  Saya sebagai kepala daerah yang selalu mengukur keberhasilan gugus tugas yang saya nilai ini bukan diangka-angka ketersediaan dana tapi tentu dari tindakan- tindakan yang dimensinya tidak cuma satu, yakni tiga dimensi antara lain kesehatan, ekonomi dan sosial,” urainya

Untuk diketahui, bantuan yng diserahkan berupa 1 unit alat Real Time PCR, 5000 kit Reagen PCR, 1 paket BMHP PCR, 1 unit centrifuge dan 1 unit vertical laminar flow cabinet, dengan total nilai keseluruhan Rp. 3.8 Miliar

Sementara itu, Kepala BBLK Palembang, dr Andi Yussianto mengatakan bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan bagi pemeriksaan sampel Covid-19 yang masuk. Menurutnya, alat yang diberikan jauh lebih canggih dari yang dimiliki BBLK Palembang saat ini.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Siapkan Tambahan Tiga Tower  Asrama Haji untuk Isolasi

“Pemprov Sumsel sangat membantu kami mencapai target dan tidak hanya bantuan pcr  tapi juga memberikan saran. bukti nyata dukungannya. Semoga dengan kerja sama yang baik ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Sumsel,” tambahnya. (Ril/Al)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button