HeadlineHukum

Penandatanganan MOU Tidak Menutup Kemungkinan Terjadinya Penyimpangan

Sumsel Independen – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU Timur Dr Akmal Kodrat SH MHum menegaskan, potensi terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan baik dana desa maupun anggaran lainnya masih tetap ada meskipun sudah dilakukan pernjanjian kerjasama.

Hal ini ditegaskan Kajari saat Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Kejaksaan Negeri OKU Timur dengan Camat se Kabupaten OKU Timur dalam bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang dilaksanakan di balai rakyat Pemkab OKU Timur, kemarin (1/9/2021).

 Menurut Kajari, perjanjian kerjasama ini bagaimana melakukan kegiatan pengelolaan keuangan dengan baik. “Meskipun sudah ditandatangani MOU bukan berarti tidak akan luput dari terkena penyimpangan-penyimpangan. Sebab MOU ini bukan menjadi legitimasi bahwa apa yang dilakukan akan dibenarkan atau disalahkan baik secara administrasi maupun secara hukum,” tegas Kajari.

Dicontohkan Kajari, tahun lalu pihaknya juga sudah melakukan MOU dengan Kades dalam pendampingan dana desa. Namun ironisnya terdapat 24 pengaduan terkait penyimpangan pengelolaan dana desa. “Padahal sudah didampingi tapi masih ada pengaduan dan penyimpangan. Harapan kita jangan terulang lagi ada pengaduan dalam pengelolaan keuangan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Penanganan Masalah Sosial di Sumsel tetap Berjalan Baik Dimasa Pandemi

Mengapa masih terjadi penyimpangan, hal ini menurut Kajari karena dalam prakteknya Kejari tidak pernah dilibatkan dalam melakukan pendampingan. “Oleh karena itu berikan kami percayaan untuk ikut dan terjun langsung mendampingi pengelolaan dana desa,”jelasnya

Sementara itu, Bupati OKU Timur H Lanosin ST menambahkan, Juklak dan juknis dana desa selalu berubah-ubah, ditambah lagi dari  222 Kades hasil Pilkades serentak, sebagian besar merupakan kades baru yang memang perlu bimbingan dan arahan. “Oleh karena itu jika ada pelatihan atau pembekalan bagi kepala desa saya sangat setuju untuk dilakukan,”pungkasnya. (Jodi)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button