Griya Literasi

Penganugerahan UI Greenmetric se-Indonesia Tahun 2023, UIN Raden Fatah Borong Penghargaan

Jumat, 1 Des 2023 21:03 2 menit membaca

Sumsel Independen – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang berhasil meraih 2 Penghargaan sekaligus pada acara Penganugerahan Peringkat UI Greenmetric se-Indonesia tahun 2023, yang dilaksanakan di Unhas Hotel & Convention, Makasar, Kamis (30/11/2023).

Adapun Penghargaan yang diraih UIN Raden Fatah adalah The Most Active University in UI GreenMetric World University Rankings Network – Indonesia dan Penghargaan Trees Rating 3.5.

Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si mengucapkan terima kasih kepada UI Greenmetric (UIGM) atas Penghargaan yang telah diberikan untuk UIN Raden Fatah Palembang dan juga kepada Universitas Hasanuddin  selaku tuan rumah yang telah menghelat acara dengan sukses.

“Setelah berhasil meraih predikat akreditasi unggul nasional, UIN Raden Fatah kembali meraih prestasi yang luar biasa pada penganugrahan UI Greenmetric tahun 2023 Ini,” ungkap Rektor

Rektor juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap Tim Ecogreen Campus UIN Raden Fatah Palembang atas kerja keras dan dedikasinya.

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, UIN Raden Fatah berhasil berada di peringkat 3 UIGM se-PTKIN dan peringkat 34 se Indonesia”, ujar Rektor.

Dalam acara Penghargaan ini juga diselenggarakan Seminar Nasional yang mengusung tema “Solusi Limbah Elektronik di Lingkungan Kampus”, yang menghadirkan narasumber Prof.Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, PLt. (Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek), Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A. (Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK), Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, (Rektor Universitas Hasanuddin), Prof. Dr.Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc. (Kepala UI GreenMetric), dan Dr. Junaidi, S.S., M.A. (Wakil Kepala UI GreenMetric).

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Riri selaku Kepala UI GreenMetric mengungkapkan rasa syukur tak terhingga karena dunia menyambut dengan sangat baik keberadaan UI GreenMetric. 

Lebih lanjut, Prof Riri menyampaikan bahwa tahun ini sudah lebih dari 100 universitas di dunia yang bergabung dengan UIGM. Bahkan, UIGM hadir dan berdialog di beberapa negara, antara lain Portugal, Uzbekistan, dan Dubai di bulan Desember mendatang.

Demikan pun, Prof. Nizam menyatakan bahwa selama 13 tahun UIGM sudah berkontribusi dalam menciptakan kampus hijau dan nyaman yang bertujuan untuk menjaga serta melestarikan bumi.

“Kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungan ini, harus terus kita galakkan untuk masa depan anak dan cucu kita bersama”, harap Prof. Nizam.

Sementara itu, Ir. Laksmi Dhewanthi mengajak semua pihak untuk berkomitmen dan konsisten melakukan mitigasi menuju zero emission. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode