Griya Literasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Berpuasa

Jumat, 15 Mar 2024 14:11 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Saat berpuasa, banyak orang mengalami tantangan berupa rasa kantuk yang sering muncul saat bekerja. Penyebab utama dari hal ini adalah penurunan kadar gula darah dalam tubuh selama Puasa.

Kondisi ini membuat tubuh menjadi lemas dan sulit berkonsentrasi, yang pada gilirannya menyebabkan kantuk yang mengganggu Produktivitas.

Ini adalah beberapa penyebab kantuk saat berpuasa dan cara mengatasinya:

  1. Penurunan Kadar Gula Darah: Salah satu penyebab utama kantuk saat berpuasa adalah penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Ini dapat membuat tubuh terasa lemas dan sulit berkonsentrasi, yang pada gilirannya meningkatkan kecenderungan untuk merasa mengantuk.
  2. Waktu Tidur Tidak Teratur: Puasa mengubah pola tidur seseorang, terutama bagi mereka yang harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Hal ini bisa menyebabkan kurangnya tidur atau tidur yang tidak berkualitas di malam hari, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap rasa kantuk di siang hari.
  3. Perubahan Pola Makan: Puasa juga seringkali mengubah pola makan seseorang, dengan konsumsi kalori yang lebih tinggi terutama pada malam hari. Kombinasi antara perubahan pola makan ini dengan penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan kantuk.
  4. Kekurangan Tidur: Bangun lebih awal untuk sahur dan menjaga aktivitas sosial atau ibadah di malam hari dapat mengakibatkan kurangnya waktu tidur yang memadai, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

Untuk mengatasi rasa kantuk saat berpuasa, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Griya Literasi
  1. Tidur yang Cukup di Malam Hari: Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari sebelum bangun untuk sahur di pagi hari. Ini dapat membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari.
  2. tidur siang yang Nyenyak: Manfaatkan waktu istirahat di siang hari untuk tidur sebentar. Tidur singkat selama 5–20 menit dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan Produktivitas.
  3. Cuci Muka dengan Air Dingin: Ketika merasa mengantuk, cobalah untuk membasuh wajah dengan air dingin. Ini dapat membantu menyegarkan dan meningkatkan kewaspadaan.
  4. Melakukan Peregangan dan Berjalan: Lakukan peregangan ringan atau berjalan-jalan di sekitar kantor untuk mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat membantu mengurangi rasa kantuk.

Dengan memperhatikan pola tidur, pola makan, dan gaya hidup yang sehat, Anda dapat mengurangi kemungkinan mengalami kantuk saat berpuasa dan tetap menjaga Produktivitas sepanjang hari.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode