Griya Literasi
Pemkot

Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Produk UMKM Sumsel Naik Kelas Hingga Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Sabtu, 1 Jun 2024 21:56 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus mendorong pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini diungkapkan dalam kegiatan Puncak Penghargaan UMKM Palembang Awards 2024 di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (1/6/2024).

“Sudah menjadi tugas Pemerintah, BUMN/BUMD, instansi vertikal untuk membina seluruh pelaku usaha agar bisa berkembang dan bersaing bukan hanya di tingkat daerah tapi di tingkat nasional bahkan internasional,” ucap Fatoni.

Fatoni juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkor) Palembang yang secara konsisten dan berkelanjutan mendukung kemajuan UMKM di Kota Palembang.

“Tadi Pak Walikota menyampaikan ke saya, ada 87 ribu lebih UMKM yang potensinya sangat luar biasa,” kata Fatoni.

Menurutnya, UMKM di Sumsel sangat kreatif, produk yang dihasilkan juga bagus. Namun sebagian masih mempunyai keterbatasan untuk berkembang.

“Maka tugas kita mengoptimalkan semua itu, baik dari segi inovasi, branding dan packaging. Kepada seluruh pemenang saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih agar menjadi kebanggan Palembang dan Sumsel,” ujar Fatoni.

“Sponsor kita cukup banyak hari ini hadir dari BUMN/BUMD, ini siap untuk menjadi sponsor bagi orang tua asuh, menjadi pembina pengembangan UMKM,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Fatoni juga menyampaikan belum lama ini Pemprov Sumsel melaunching Kopi Sumsel yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan dikenalkan seantero Nusantara.

“Sumsel merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia lebih dari 26 persen. Saya berharap semua pelaku usaha kopi untuk bisa mencantumkan nama di usahanya Kopi Sumsel meski usaha kopinya berbeda- beda,” harapnya.

Kemudian, Fatoni juga meminta agar kegiatan seperti ini diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel.

“Kegiatan seperti ini harus terus kita lakukan terus menerus. Kita lihat antusias masyarakat luar biasa yang sangat merindukan kegiatan seperti. Mudah-mudahan UMKM terus berkembag dan menjadi kebanggaan  dan diikuti oleh daerah lainnya di Sumsel,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengawali menyebut geliat ekonomi di Kota Palembang semakin baik dengan jumlah UMKM sebanyak 87.577 pelaku usaha.

“Pemberdayaan UMKM merupakan penopang dasar perekonomian di Kota Palembang. Maka dari itu, kegiatan ini akan kita laksanakan kembali dengan skala yang lebih besar lagi,” ucapnya.

Adapun pemenang pada Puncak Penghargaan UMKM Palembang Awards 2024, di antaranya Juara 1 Kelurahan 11 Ilir, Juara 2 Kelurahan Sei Lais dan Juara 3 Kelurahan Tuan Kentang. Sementara itu, untuk kategori BUMN/BUMD, yaitu Juara 1 PT Pusri, Juara 2 PT Pegadaian dan Juara 3 Bank Sumsel Babel. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode