Griya Literasi
Pemkot

PKU Masjid Istiqlal Buka Pendaftaran LoA untuk Bebas TBS LPDP

Senin, 3 Jun 2024 17:07 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI) membuka pendaftaran Letter of Acceptance (LoA) untuk bebas Tes Bakat Skolastik (TBS) beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ada tiga program yang ditawarkan dalam beasiswa ini, yaitu: Magister pendidikan kader ulama (S2 PKU); Magister Pendidikan Kader Ulama Perempuan (S2 PKUP); Doktor Pendidikan Kader Ulama (S3 PKU).

Pendaftaran LoA PKUMI untuk bebas TBS LPDP ini dibuka mulai 27 Mei – 24 Juni 2024. Seleksi berkas akan dilaksanakan pada 25 – 27 Juni 2024 dan pengumuman lulus seleksi berkas : 28 Juni2024, sedangkan tes PKUMI-PTIQ akan digelar pada 02 – 06 Juli 2024. Sementara pengumuman lulus/LoA akan disampaikan pada 09 Juli 2024.

Adapun syarat administrasi PKUMI-PTIQ ini adalah sebagai berikut: Kartu tanda penduduk (KTP); Daftar Riwayat Hidup (CV); Ijazah terakhir S1/S2; Transkrip nilai S1/S2; dan Upload Bukti Pembayaran Pendaftaran (S2 Rp. 300.070 dan S3 Rp.500.090).

Batas Umur Pendaftar: Magiter (S2 PKU & S2 PKUP) umur maksimal 40 Tahun dan Doktor (S3 PKU) maksimal 45 Tahun. Sedangkan Minimal Nilai IPK Pendaftar: Magister = 3,00 skala 4,00 dan Doktor = 3,25 skala 4,00.

Sementara itu, materi yang akan diteskan adalah qiraatul kutub dan bahasa Arab, wawasan keislaman, serta tahfidz dan tahsin Al-Qur’an. Calon penerima beasiswa dapat mendaftarkan diri secara langsung melalui tautan berikut: https://pmbpku.istiqlal.or.id

“Beasiswa LPDP-PKUMI merupakan inisiasi Masjid Istiqlal dan dikolaborasikan dengan LPDP, Kementerian PPPA RI, Kementerian Agama RI, dan Universitas PTIQ Jakarta”, ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A. 03/06/24.

Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A menyampaikan bahwa profil lulusan PKUMI diharapkan mampu mencetak kader-kader ulama yang menguasai keilmuan Islam klasik dan kontemporer sehingga dapat menjadi rujukan dalam aspek perilaku dan keilmuan ke-Islam-an bagi masyarakat baik lokal maupun internasional.

“Pelajari Islam dari akar, jangan langsung pada ranting” tegas Imam Besar Masjid Istiqlal.

Sementara Direktur PKUMI Prof. Dr. KH. Ahmad Thib Raya, M.A menyampaikan bahwa program PKUMI ini sepenuhnya dibiayai oleh LPDP dan sudah menerima empat angkatan.

“Peserta yang dinyatakan lolos tes PKUMI-PTIQ melalui http://pmbpku.istiqlal.or.id akan mendapatkan LoA yang digunakan mendaftar di LPDP dalam program Pendidikan Kader Ulama (Laki-laki) atau Pendidikan Kader Ulama Perempuan (PKUP) dan akan dibebaskan untuk Tes Bakat Skolastik (TBS) oleh LPDP” terang Direktut PKUMI.

Berikut gambaran tahapan seleksi beasiswa di LPDP menurut Dr. Mulawarman Hannase, Lc., M.A.Hum Manajer PKU: Seleksi Administrasi/Berkas; Tes Bakat Skolastik (TBS)/Tes Akademik > Lulus Otomatis Jika Memiliki LoA; Seleksi Substansi/Wawancara.

“Bagi calon mahasiswa yang mendaftar langsung ke LPDP tanpa menyertakan LoA dan dinyatakan lulus seleksi substansi LPDP, maka selanjutnya tetap akan melakukan tes LoA PKUMI-PTIQ” tutup Mulawarman. (Rilis)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode