Griya Literasi
Pemkot

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Pengeboran Sumur Minyak Ilegal di Muba Sumsel

Senin, 24 Jun 2024 16:16 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Gabungan Polsek Keluang bersama Unit Pidana Khusus (Pidsus) Satreskrim Polres Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel) Berhasil menangkap Pelaku pengeboran sumur Minyak Ilegal (Ilegal Drilling).

Pelaku berinisial PT (26) warga Desa Toman, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Muba Sumsel.

PT ditangkap di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang, Kabupaten Muba Sumsel pada Kamis (20/6/2024) malam.

Kasat Reskrim Polres Muba AKP Bondan Try Hoetomo membenarkan, anggotanya telah mengamankan Pelaku Pelaku pengeboran sumur Minyak Ilegal (Ilegal Drilling).

“Mendapat informasi dari masyarakat, anggota kita langsung melakukan penyelidikan dan Berhasil mengamankan Pelaku di Desa Tanjung Dalam Muba Sumsel pada Kamis (20/6/2024) malam,” kata AKP Bondan Try Hoetomo, Senin (24/6/2024).

Dia menjelaskan, penyebab kebakaran diduga karena percikan api dari mesin penyedot Minyak  menyambar Minyak mentah yang ada di penampungan.

“Ini sehingga, api merambat dan membakar semua yang ada ditempat tersebut. Dilokasi kami temukan ada 3 titik sumur Ilegal yang terbakar, namun 2 titik sudah padam dan tinggal satu titik lagi yang saat ini sedang diupayakan pemadaman,” ujar AKP Bondan Try Hoetomo.

Hingga kini, dari kebakaran tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Atas ulahnya Pelaku kita kenalan pasal 52 Undang-undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana telah dirubah dalam pasal 40 angka ke-7 undang-undang RI Nomor 6 tahun 2023 tentang penetapan Perpu Nomor 02 tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-undang Jo Pasal 188 KUHP dengan ancaman pidana  penjara paling lama 6 tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 60.000.000.000, Milyar,” ungkap AKP Bondan Try Hoetomo.

Laporan: Ana
Editor: Edi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode